10 Hal yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Menjadi Mahasiswa Baru

By Paper Edukasi

Updated on:

Mahasiswa baru
---Advertisement---

Setidaknya sebulan lagi akan masuk perkuliahan tahun ajaran baru 2021/2022. Bagi mahasiswa baru, maka akan mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan proses perkuliaha di perguruan tinggi.

Untuk itu, sembari bersantai di rumah, maka mahasiswa baru harus mempersiapkan hal ini untuk menunjang kegiatan perkuliahan mereka di perguruan tinggi.

minimalnya ada 10 hal yang harus mahasiswa baru siapkan, agar tidak kaget saat kegiatan perkuliahan nanti. Mari simak dengan baik hal apa saja yang harus mahasiswa baru siapkan.

1. Membiasakan Diri Untuk Bangun Pagi

Bangun pagi untuk sebagian orang bukan hal yang mudah. Apalagi di masa pandemi sekarang ini, aktivitas yang terpusat di rumah tak jarang membuat banyak orang malas bergerak dan memilih untuk tidur seharian.

Padahal, ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh di pagi hari, terutama menjaga tubuh dan perasaan agar tetap sehat. Bangun pagi dapat meningkatkan energi lebih besar dan membuat kita lebih produktif sepanjang hari.

Pada saat kuliah, pastinya ada jam kuliah yang berada di pagi hari, maka biasakanlah untuk bangun pagi. Mengubah kebiasaan untuk bangun pagi memang tidaklah mudah, tetapi bukan berarti tidak bisa kamu lakukan.

2. Curi Start Membaca Materi Kuliah

Alangkah baiknya jika kamu curi start dalam belajar materi kuliah. Curi start itu maksudnya seperti, ketika kuliah libur kamu mempelajari materi kuliah untuk semester yang akan kamu jalani, dengan begitu kamu tentu saja bisa lebih unggul dari teman kamu dan mahasiswa lainnya.

Mencuri Start untuk mempelajari materi perkuliahan adalah suatu hal yang sangat positif demi menunjang kegiatan perkuliahan kamu.

3. Membiasakan Diri Dengan Software dan Teknologi Dasar Dalam Perkuliahan

Biasanya aplikasi dasar yang berguna dalam perkuliahan adalah Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Powerpoint, Zoom, menggunakan mesin pencari data dengan tepat, dan menggunakan berbagai perangkat.

Minimalnya kamu harus bisa menggunakan Microsoft Word, Microsoft Powerpoint, dan microsoft Excel. Ketiga software tersebut akan sangat sering kamu gunakan di dunia perkuliahan.

4. Download dan Pelajari Aplikasi/Software yang Kamu butuhkan

Kamu perlu mengenal lebih dalam tentang program setudi (Prodi) yang akan kamu dalami, apakah program studi kamu memerlukan software sebagai penunjang belajar atau tidak. Sebagai mahasiswa, kamu sangat perlu untuk mandiri.

Jika memiliki dan mengenali aplikasi/software yang dibutuhkan di Prodi yang kamu pilih, maka akan mempermudah kamu dalam belajar.

5. Belajar Public Speaking

Berbicara di hadapan banyak orang atau publik tentulah tidak mudah, masih banyak orang-orang yang ragu dan malu berbicara di depan umum.

Saat ini, public speaking sangat penting karena dapat membantu kelancaraan saat presentasi atau apapun yang mengharuskan kamu utuk berbicara di depan banyak orang.

Kemampuan ber-public speaking sangat penting untuk kamu kuasai, karena dapat menjadi bekal agar saat presentasi di kelas, memimpin rapat organisasi, memberikan pelatihan, dan banyak lainnya.

6. Update Perkembangan Berita Yang Bermanfaat

Dengan kamu mengikuti perkembangan berita yang bermanfaat, kamu akan mendapatkan banyak wawasan baru yang bermanfaat untuk diri kamu.

Semakin banyak informasi bermanfaat yang kamu baca, semakin banyak pula pertanyaan yang muncul di benak kamu sehingga kamu akan menjadi orang yang berpikiran kritis.

Berita yang bermanfaat itu bukan berita tentang gibahin seleb atau derama di media sosial, tetapi berita yang sedang update saat ini.

7. Pelajari Aturan Kampus Kamu

Mempelajari aturan kampus sangat penting agar kamu tidak melanggar aturan yang sudah kampus kamu tetapkan.

Termasuk aturan mengenai ketentuan belajar selama pandemi Covid-19, itu dilakukan agar mempermudah kamu saat proses perkuliahan berlangsung.

8. Kepoin Media Sosial dan Website Kampus Kamu

Gunanya kamu kepoin media sosial dan website kampus kamu adalah agar kamu lebih mengenal dan mengetahui informasi terkait kampus.

Karena biasanya informasi terkait kampus dan perkuliahan disampaikan melalui media sosial dan website kampus.

9. Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

Saat ini bahasa inggris sudah dianggap sebagai bahasa universal. Tidak hanya di dunia bisnis dan ekonomi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pun seringkali harus dikejar dengan menguasai bahasa Inggris.

Begitu pentingnya penguasaan bahasa Inggris, sehingga bahasa yang satu ini diajarkan sejak dini di sekolah-sekolah dan menjadi salah satu persyaratan penting dalam pekerjaan.

Sambil kamu menunggu waktu masuk kuliah, kamu bisa memanfaatkan waktu dengan melatih soal kemampuan bahasa Inggris kamu, membaca buku berbahasa Inggris, dan berani berbicara dengan bahasa Inggris.

Perlu kamu ingat bahwa materi kuliah, bahan belajar di internet, dan bacaan buku banyak yang menggunakan bahasa Inggris.

10. Belajar Menulis Esai

Esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah tertentu melalui sudut pandang penulisnya. Penting bahwa esai yang ditulis haruslah logis dan mudah dimengerti, serta didukung oleh fakta dan opini-opini dari penulisnya.

Esai dianggap penting karena berguna dalam melatih kemampuan menulis. Selain itu, esai dianggap dapat membantu individu untuk berpikir kritis, kreatif, dan terstruktur.

Dengan belajar menulis esai, maka akan mempermudah kamu dalam perkuliahan. Karena dalam perkuliahan, kamu akan sering menemukan banyak dalam tugas esai.

Sebagai mahasiswa baru, kamu wajib menyelesaikan semua urusan yang berkaitan dengan pendaftaran dan kelengkapan mahasiswa baru.

Sehingga saat proses perkuliahan, kamu sudah tidak repot lagi mengurus semua yang berkaitan dengan hal tersebut.

Leave a Comment