Keunggulan Chrome Os
Foto : Shutterstock/ 12 Keunggulan Chrome OS, Sistem Operasi pada Laptop Chromebook

12 Keunggulan Chrome OS, Sistem Operasi pada Laptop Chromebook

PaperEdukasi – Mengingat pengumuman pemerintah mengenai program pengadaan 240 ribu laptop untuk pelajar, untuk menunjang peningkatan penggunaan produk teknologi dengan alokasi dana Rp 2,4 triliun.

Adapun nantinya laptop yang digunakan adalah berupa Chromebook yang menjalankan sistem operasi Chrome OS.

Mengutip dari laman support.google, Chromebook adalah jenis komputer baru yang dirancang untuk membantu penggunanya menyelesaikan berbagai hal dengan cepat dan mudah.

Sedangkan Chrome OS merupakan sistem operasi atau istilahnya OS bawaan pada laptop Chromebook. Lalu apa keunggulan Chrome OS? 

di Indonesia sendiri, nama Chrome OS memang belum setenar Windows atau MacOS. Tapi bukan berarti Chrome OS tidak memiliki keunggulannya tersendiri.

Berikut adalah keunggulan dari sistem operasi Chrome Os

1. Pengoperasiannya yang Sederhana dan Mudah

Salah satu keunggulan Chrome OS adalah cara pengoperasiannya yang sederhana dan mudah. Saat pertama kali diluncurkan, pengguna Chrome OS hanya dapat mengakses aplikasi dan game melalui browser Chrome saja. Namun, kini fitur-fitur Chrome OS sudah semakin banyak.

2. Mendukung aplikasi Android

Sama seperti ponsel Android, sistem operasi Chrome OS dapat mengakses aplikasi dan game yang ada di Google Play Store. Namun, Dikutip dari Android Authority, untuk dapat mengakses aplikasi dan game yang ada di Google Play Store, yaitu hanya untuk perangkat yang dirilis setelah tahun 2017.

Hal lain yang juga patut di apresiasi adalah kompatibilitasnya. Bahkan, Google Play Store juga tersedia secara native di banyak perangkat berbasis Chrome Book.

Tapi perlu dicatat bahwa tidak semua aplikasi dan game di Play Store sudah optimized untuk Chrome OS. Jadi ada aplikasi dan game yang hanya bisa diakses dengan layar vertikal seperti di ponsel. Beberapa Chromebook anyar juga bisa menjalankan aplikasi dan game berbasis Linux.

3. Sistem operasi berbasis Linux

Chrome OS merupakan sebuah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang oleh perusahaan Google Inc. Rilis pada tanggal 2010 untuk versi stabilnya. Berkerja secara eklusif dengan mengandalkan aplikasi web dari OS tersebut.

Sistem operas Chrome OS dimiliki dan dikembangkan oleh Google. Sistem operasi tersebut didasarkan pada kernel dari Linux/berbasis Linux, yang dikenal sebagai sistem operasi yang solid.

4. Dapat kamu akses secara offline

Keunggulan selanjutnya dari Chrome OS adalah dapat diakses secara offline. Kamu masih bisa menggunakan Chrome OS yang terinstall di laptop Chromebook untuk mengakses berbagai dokumen atau menyelesaikan pekerjaan tertentu. Bahkan, membuka email juga bisa kamu akses secara offline.

Supaya bisa kamu akses secara offlineuser atau pengguna harus mengaktifkan pre-download content dan pastikan offline access juga telah kamu aktifkan. Dengan demikian user bisa membuka dokumen dan email secara offline di waktu tertentu.

5. Relatif bebas malware

Chrome OS relatif bebas perangkat lunak jahat (malware), hal ini karena dibuat pada kernel Linux. Jadi, pengguna tak perlu begitu khawatir tentang malware yang dapat menyusup ke perangkat dan tak perlu memasang antivirus tambahan sebagai perlindungan.

6. Open source

Chrome OS bisa kamu gunakan secara gratis, sehingga sistem operasi ini tersedia secara cuma-cuma. Namun, memang cara instalasi Chrome OS agak berbeda dengan sistem operasi lain.

Kamu juga dapat menginstall Chrome OS di PC dengan dukungan Google Play Store.

7. Tampilan antarmuka sederhana

Tampilan antarmuka (User Interface. UI) menjadi salah satu kelebihan lainnya dari Chrome OS. UI dari sistem operasi ini cukup intuitif dan memiliki kemiripan dengan tampilan antarmuka Android.

8. Bisa membuka dokumen Microsoft Office

Salah satu hal yang esensial adalah software produktivitas seperti Microsoft Office, hal ini karena laptop yang di bagikan oleh pemerintah di tujukan untuk pelajar.

Oleh karena itu, Chrome OS juga dapat kamu gunakan untuk mengakses dokumen Microsoft Office. Namun sayangnya, Chrome OS tidak bisa menjalankan software Windows atau Mac OS, termasuk Microsoft Office.

Tapi jangan khawatir karena Microsoft menyediakan aplikasi Office versi mobile yang bisa kamu unduh di Play Store. Kamu bisa menginstall aplikasi, seperti Microsoft Word, Excel dan Powerpoint melalui google Play Store.

Selain itu ada juga versi webnya yang bisa kamu akses lewat browser. Tapi jika ingin mengakses aplikasi Windows lainnya, seperti Adobe Photoshop, harus menggunakan VMWare.

9. Akun terawasi

Fitur lain yang juga penting dan ada di Chrome OS adalah Akun Terawasi atau Supervised Account/User.Kehadiran fitur ini terutama akan bermanfaat bagi para orang tua yang ingin mengawasi anak-anak. 

10. Baterai yang tahan lebih lama

Keunggulan dalam hal daya tahan baterai, Chrome OS lewat Chromebook menghadirkan pengalaman menggunakan laptop hingga 12 jam dalam sekali charge.

Jadi bagi kamu yang ingin memiliki laptop dengan daya tahan baterai yang lama, menggunakan Chrome OS mungkin menjadi salah satu alternatif. Namun perlu di ketahui, daya tahan baterai akan menurun seiring dengan umur laptop dan kondisi saat ini.

11. Sistem operasi berbasis cloud

Chrome OS juga mengadaptasinya sistem operasi berbasis cloud. Jadi semua file dapat disimpan di Drive, dokumen bisa dibuat di Docs, dan foto bisa disimpan di Photos. Karena semuanya bisa disimpan di cloud, storage-nya pun tidak memnutuhkan kapasitas yang terlalu besar.

Perangkat yang menjalankan sistem operasi Chrome OS biasanya memiliki spesifikasi yang rendah karena sifat sistem ini yang sederhana dan tidak kaya fitur seperti halnya Windows atau Mac OS. Kebanyakan Chromebook biasanya menggunakan prosesor Intel Celeron, RAM 4GB dan storage hingga 64GB.

12. Harganya relatif murah

Harga Chromebook pun cukup terjangkau hal ini karena spesifikasi yang rendah dan sistem operasi yang gratis. Namun, belakangan ini sudah banyak Chromebook premium dengan spesifikasi dan harga yang lebih mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *