15 Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah dan Efektif Secara Mandiri

By Paper Edukasi

Updated on:

Cara belajar Bahasa Inggris
---Advertisement---

PaperEdukasi – Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk belajar bahasa Inggris dengan mudah dan efektif. Sebagai bahasa internasional, memang sepatutnya kita untuk mempelajari bahasa yang merupakan salah satu bahasa tertua yang ada di dunia.

Di era sekarang, Bahasa Inggris sudah banyak digunakan orang sebagai bahasa untuk menjalin komunikasi satu dengan lainnya. Bahkan dalam dunia bisnis, Bahasa Inggris cenderung penting untuk memperluas wawasan maupun karir. Itulah alasan mengapa saat ini banyak masyarakat terutama di Indonesia banyak yang mempelajari bahasa internasional tersebut.

Bahasa Inggris tumbuh dan berkambang sangat pesat, bahkan peneliti dari Harvard University menyatakan setidaknya ada 8500 kosakata baru per tahunnya. Bahasa Inggris sendiri tumbuh di Britania pada abad ke-8.

Ketika hendak belajar Bahasa Inggris, terkadang banyak orang yang menyerah duluan ketika disuguhkan dengan banyaknya kosa kata yang mau tidak mau harus kita hapalkan. Namun, belajar Bahasa Inggris hanya dengan menghapal kosa kata tentu sangat tidak efektif. Tentunya dalam suatu bahasa, selain kosakata (vocabulary), kamu juga tetap harus mempelajari tatabahasa (grammar).

Sebenarnya, kamu tidak perlu menghapal semua kosa kata dalam kamus Bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris, sebenarnya hanya ada 300 kata yang meliputi 65% bacaan dan penulisan sehari-hari. Artinya, Bahasa Inggris sebenarnya tidak sesulit yang kamu bayangkan.

Saat ini Bahasa Inggris juga sudah masuk ke dalam kurikulum di semua jenjang pendidikan, lho. Bahkan ada juga sekolah yang mewajibkan berbahasa Inggris penuh kepada siswanya selama kegiatan belajar mengajar di sekolah. Tentu hal ini dapat menjadi pondasi bagi kita untuk mengerti bahasa Inggris secara umum yang dapat dipakai dalam bahasa sehari-hari.

Namun tidak perlu khawatir jika kamu masih belum lancar dalam berbahasa Inggris. Berikut ini ada 15 cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan tentunya efektif di bawah ini

15 Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Efektif dan Mandiri

1. Pelajari Kosa Kata Bahasa Inggris Dasar

Mempelajari kosa kata dasar dalam bahasa Inggris sangat penting kamu lakukan sebelum mulai menerapkannya dalam kebiasaan berbahasa Inggris sehari-hari. Sebaiknya kamu mulai mempelajarinya dari kata-kata sederhana terlebih dahulu. Misalnya seperti kata benda, kata tunjuk (aku, kamu, dia, mereka), kata sapaan, atau kata-kata lain yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Kamu juga bisa mempelajari kosa kata bahasa Inggris dengan metode flashcard, lho. Apakah Sobat Edu tau flashcard? Singkatnya flashcard itu merupakan jenis kartu dengan kata-kata dalam kategori tertentu. Misalnya flashcard tentang tumbuhan, hewan, minuman, dan lain-lain.

Flashcard bisa kamu buat sendiri, lho. Tidak susah untuk membuat flashcard. Di pasaran pun flashcard bahasa Inggris banyak kamu temui yang bisa kamu beli. Biasanya, flashcard ini didesain semenarik mungkin yang disertai dengan gambar-gambar.

Walau sering dianggap sebagai metode yang membosankan, tetapi flashcard justeru terbukti ampuh untuk menghapal kosa kata bahasa Inggris karena sering diulang-ulang.

2. Mendengarkan Lagu dan Menuliskan Liriknya

Cara belajar bahasa Inggris yang efektif selanjutnya adalah dengan mendengarkan musik. Tau gak sih, secara tidak sadar otak kita justeru akan lebih cepat mencerna ketika mendengarkan musik. Hal ini karena akan menambah tingkat kesensitifan telinga kamu terhadapat bahasa Inggris. Metode ini juga sering disebut sebagai listening.

Belajar bahasa Inggris dengan mendengarkan lirik lagu juga terasa lebih asik. Metode belajar bahasa dengan mendengarkan musik merupakan metode yang sering dipakai untuk mengajari anak kecil. Namun tidak menutup kemungkinan untuk digunakan kepada orang dewasa.

Metode ini dinilai cukup efektif karena kita dilatih untuk mendengarkan lagu dalam bahasa Inggris. Namun untuk melatih kemampuanmu dengarkanlah baik-baik liriknya kemudian catat dalam notes maupun gadget yang kamu gunakan. Coba pilih lagu yang kamu sukai agar lebih menyenagkan dalam proses belajar. Setelah dicatat, cek di Internet apakah lirik yang sudah kamu tulis sudah benar semua atau belum.

3. Mendengarkan Podcast Bahasa Inggris

Cara belajar Bahasa Inggris

Selain mendengarkan lagu bahasa Inggris, kamu juga bisa mendengarkan podcast dalam bahasa Inggris untuk melatih kemampaun listening kamu.

Apalagi saat ini, podcast kian populer di kalangan anak muda terutama di Indonesia. Kamu bisa mendengarkan podcast sesuai genre yang kamu sukai. Bisa cerita motivasi, olahraga, hingga ilmu teknologi bisa kamu dengarkan sambil mengerjakan berbagai aktivitas.

Tidak sulit untuk bisa mengakses podcast. Kamu pun bisa mengaksesnya melalui Spotify atau Apple Podcast.

4. Menonton Film tanpa Subtitle Indonesia

Selain mendengarkan musik, menonton film dengan bahasa Inggris tanpa subtitle Indonesia juga ternyata dinilai efektif. Metode ini juga sering digunakan, karena dengan sering menonton film dengan bahasa Inggris bisa membuat kamu berbicara lebih natural. Di jaman serba canggih seperti saat ini tidak sulit untuk menemukan film dalam bahasa Inggris. Kamu bisa mencarinya di Youtube atau netflix.

Belajar bahasa Inggris dengan menonton film adalah metode yang menyenangkan. Namun jangan terlena dengan alur film yang semakin asyik. Coba untuk menggunakan subtitle bahasa Inggris. Catat dan cari terjemahannya setiap kamu menemukan kata yang asing di telinga kamu.

Walau terkesan membosankan, namun metode ini terbukti sangat efektif dalam menambah perbendaharaan kosa kata bahasa Inggris kamu.

5. Latihan Menulis dalam Bahasa Inggris

Cara belajar Bahasa Inggris

Latihlah kemampuan bahasa Inggris kamu dengan menulis sesuatu ketika kamu sudah banyak mengetahi vocabulary bahasa Inggris. Kamu bisa menulis semua lirik lagu dalam bahasa Inggiris yang sudah kamu dengar, menuliskan aktivitas atau kegiatan kamu sehari-hari, atau membuat cerita dalam bahasa Inggris.

Dalam bahasa Inggris tidak hanya melatih kemampuan mendengar atau listening saja, menulis juga penting. Semakin kamu banyak menulis maka akan meningkatkan kemampuan writing bahasa Inggris kamu.

6. Sering Membaca Literatur dalam Bahasa Inggris

Untuk kamu yang masih pemula bisa untuk memulai belajar bahasa Inggris dengan sering membaca literatur atau bacaan dalam bahasa Inggris. Mulailah dari buku yang sederhana seperti buku anak-anak misalnya. Selain dipenuhi gambar menarik, buku anak-anak umumnya menggunakan kosa kata dan tatabahasa dasar yang digunakan sehari-hari.

Nah, kalau sudah terbiasa, baru secara bertahap, kamu bisa membaca buku yang lebih tinggi bahasanya. Misalnya seperti berita, artikel, novel fiksi, atau buku pengembangan diri.

Kamu juga bisa mulai membiasakan diri untuk mencari informasi atau berita terkini dalam bahasa Inggris di Internet. Ada banyak deretan sumber berita yang bisa kamu cari di internet. Beberapa contoh website yang bisa kamu jadikan tempat untuk mencari informasi adalah CNN, Dailymail, dan Yahoo News.

Walaupun membaca terkesan membosankan, namun kamu tetap harus mulai untuk belajar membaca literatur apapun dalam bahasa Inggris. Hal tersebut tentu akan meningkatkan kemampuan membaca (reading).

7. Siap Kamus bahasa Inggris

Cara belajar Bahasa Inggris

Kamus membantu kamu untuk mencari tahu kata dari suatu bacaan yang tidak kamu ketahui artinya. Di jaman serba canggih seperti sekarang ini kamu tida perlu repot-repot untuk membawa kamus yang tebal dan berat. Kamu hanya cukup mengunduh kamus bahasa Inggris secara gratis di Google Playstore.

Kebiasaan membuka kamus bahasa Inggris dapat membantu kamu untuk meningkatkan skill bahasa Inggris. Tidak hanya literatur hiburan seperti novel, artikel, atau berita dalam bahasa Inggris. Tentu kamus akan menambah vocabulary (kosa kata) kamu juga.

8. Pelajari dan Hafalkan Kosa Kata Asing yang Tidak dimengerti

Belajar bahasa Inggris tidak hanya harus mengetahui artinya saja. Tentu kamu juga akan menemukan istilah-istilah asing dalam bahasa Inggris yang tidak kamu mengerti artinya.

Oleh karena itu, selama mendengarkan musik, menonton film, dan membaca literatur bahasa Inggris kamu menemukan kosa kata asing yang tidak dimengerti, maka jangan hanya dilewati. Buka kamus, cari terjemahannya, hafalkan artinya, dan pelajari. Hal ini merupakan salah satu cara belajar bahasa inggris dengan mudah dan efektif.

9. Latih Kepercayaan Diri di Depan Cermin

Cara belajar Bahasa Inggris

Banyak orang yang tidak percaya diri ketika berbicara bahasa Inggris di depan publik. Oleh karenanya sebelum itu, kamu perlu melatih diri kamu dengan berbicara bahasa Inggris di depan cermin. Walaupun terkesan aneh, namun cara ini terbukti ampuh dan disarankan oleh para ahli untuk meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

Kamu bisa melakukan metode ini dengan latihan minimal 3 kali dalam seminggu selama 15 menit. Semakin kamu rajin latihan, maka kemampuan bahasa Inggris kamu akan semakin baik.

10. Belajar Melalui Forum di Internet

 

Seperti yang sudah disebutkan di awal, cara belajar bahasa Inggris paling efektif adalah dengan menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. Jika tidak ada teman yang bisa digunakan untuk lawan bicara, maka gunakan forum di internet saja!

Tidak sedikit orang di dunia yang ingin belajar Inggris juga, lho. Ada banyak website yang dapat membantu kamu agar bisa terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia yang sedang belajar bahasa Inggris juga. Namun, kamu tetap perlu berhati-hati. Jangan sembarang membagikan informasi pribadi kepada siapapun.

11. Belajar Bahasa Inggris dengan Imbuhan

 

Cara belajar Bahasa Inggris

Tidak hanya dalam Bahasa Indonesia, bahasa Inggris juga memiliki deretan imbuhan yang disebut prefix dan suffix. imbuhan seperti ber-, di-, -an, dan -kan juga ada lho dalam bahasa Inggris. Setiap imbuhan memiliki fungsi yang berbeda. Biasanya imbuhan digunakan untuk kata kerja, kata sifat, kata keterangan, dll.

Misalnya, dengan belajar imbuhan pada kata “happy” (senang), kamu juga bisa sekaligus belajar kata “unhappy” (tidak senang). Jadi kamu bisa belajar lebih banyak kata.

Belajar imbuhan juga merupakan trik mudah dan banyak digunakan untuk belajar Inggris dengan cepat, lho!

12. Teruslah Berlatih

 

Jangan malu untuk menunjukkan bahwa kamu sedang belajar bahasa Inggris. Kunci keberhasilan dalam proses adalah kedisiplinan. Oleh karena itu kamu perlu berlatih kemampuan bahasa Inggris kamu setiap hari kapanpun dan di manapun.

Jika perlu atur jadwal di waktu yang sama setiap harinya. Kamu juga bisa menyalakan alarm untuk mengingatkan kamu ketika waktunya belajar bahasa Inggris. Dan ingat jangan ditunda-tunda!

13. Bangun Motivasi Belajar Bahasa Inggris

Cara belajar Bahasa Inggris

Untuk semakin menguatkan semangat dan konsisten kamu dalam belajar bahasa Inggris, maka kamu harus membangun motivasi untuk apa sih tujuan kamu belajar bahasa Inggris. Motivasi juga akan membuat kamu semakin disiplin untuk mengejar impian kamu.

Biasanya orang tanpa motivasi akan cenderung lebih malas ketimbang yang mimiliki motivasi untuk belajar. Maka tentukan tujuan kamu belajar bahasa Inggris dan buat target kapan ingin mahir.

Apakah karena kamu ingin memulai studi di luar negeri di enam bulan kedepan? Atau karena ingin mendapatkan skor TOEFL tinggi dalam tiga bulan? Dengan adanya batas waktu, kamu akan semakin semangat belajar.

14.  Jadikan Kebiasaan

Jika hanya dicoba tanpa dilakukan dengan baik maka semua cara apapun tidak akan berhasil membuat kamu mahir berbahasa Inggris. Oleh sebab itu, kamu harus menjadikan semua 13 tips atau cara di atas sebagai kebiasaan ataupun rutinitas agar kemampuan berbahasa Inggris kamu semakin mahir. Ingat kalo mau berhasil harus disiplin ya, sobat.

15. Mengikuti Kursus Bahasa Inggris

Cara belajar Bahasa Inggris

Tips terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan mengikuti kursus bahasa Inggris. Walaupun cara ini bukan belajar bahasa Inggris secara otodidak atau dengan belajar sendiri. Namun tidak ada salahnya juga kamu mencobanya.Karena tentunya, belajar Bahasa Inggris lebih mudah dengan panduan guru yang mahir.

Cara ini juga bisa kamu pakai jika selama untuk menerapkan cara-cara di atas kamu merasa kesulitan. Mengikuti kursus bahasa Inggris bisa kamu bisa jadikan pilihan lain untuk belajar bahasa Inggris dengan cepat.

Saat ini tidak sulit untuk mengikuti kursus bahasa Inggrsi walaupun secara online. Kamu bisa mengikuti kursus bahasa Inggris secara online melalui portal E-Learning loh! Di sana, kamu juga bebas bertanya dan semua pertanyaan kamu akan dengan cepat terjawab di manapun dan kapan pun.

Demikian bahasan mengenai cara belajar bahasa Inggris dengan mudah dan efektif. Ingat bahwa kunci keberhasilan dalam proses adalah kedisiplinan dalam diri sendiri. Oleh karena itu tetap fokus dan disiplin dalam belajar bahasa Inggris, ya. Semangat!

 

Leave a Comment