Alasan Mengapa Pemerintah Menganjurkan Memakai Double Masker

Double masker
Foto : iStock / Double masker

PaperEdukasi – Beberapa hari ini, Indonesia kembali dihebohkan dengan adanya varian virus Corona, yakni delta. Para peneliti telah menjelaskan bahwa varian virus ini lebih berbahaya dan teramat mudah untuk menular. Itulah sebabnya, pemerintah mengambil beberapa tindakan untuk mengatasi hal ini.

Di antaranya adalah kembali pemberlakuan pembatasan aktivitas masyarakat, dan menyarankan memakai double masker.

Tidak jarang masyarakat bertanya-tanya, mengapa mereka harus menggunakan masker secara double? Karena jika yang tidak terbiasa memakai masker, mereka akan lebih sulit bernafas, dan mungkin bisa menyebabkan gangguan pernafasan.

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengatakan bahwa salah satu jalan untuk melindungi diri yakni menggunakan masker kain dan masker bedah, alias double masker.

Seperti diberitakan Kompas.com, 24 Juni 2021, sebuah penelitian menyebutkan, masker bedah dapat menghalangi partikel udara yang berpotensi menularkan virus corona sebanyak 84,3 persen.

Sementara, jika kita mengenakan dua masker, yaitu masker bedah dengan masker kain, maka perlindungannya bisa meningkat hingga 96,4 persen.

Ini artinya, penggunaan double masker bisa lebih efektif untuk menghadapi varian virus Corona. Adapun hal-hal yang perlu kita perhatikan sebelum menggunakan double masker, di antaranya sebagai berikut:

1. Apabila Mengalami Kesulitan Bernafas

Mengingat permasalahan di masyarakat tentang kesulitan bernafas jika menggunakan double masker, kini pemerintah memberikan solusi untuk menyesuaikan waktu pemakaian masker.

Kita bisa menggunakan masker dalam kurun waktu ke waktu dengan jeda, dan mengutamakan diam di rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak.

2. Mengalami Gangguan Penglihatan

Biasanya hal ini terjadi pada mereka yang menggunakan kacamata, bisa mencoba dengan melipat masker bedah menjadi dua bagian, sehingga bagian atas dan bawah bertemu.

Ikat tali pengait masker di sisi kiri dan kanan hingga membentuk simpul di dekat masker. Lipat sudut-sudut masker ke bagian dalam.

Kenakan masker, lalu tekan kawat agar mengikuti bentuk hidung, sehingga tidak ada celah antara masker dengan wajah.

Sedangkan cara lainnya adalah menggunakan mask fitter atau mask braces pada bagian luar masker bedah untuk menyangga dan menekan masker sehingga tidak ada celah antara wajah dan masker.

Nah, demikianlah cara yang efektif untuk menggunakan double masker, juga untuk mengatasi kasus covid yang membludak hingga 21.095 di Sabtu kemarin.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment

Ads - Before Footer