Tips belajar efektif
Foto: shutterstock/ 7 Tips Belajar Efektif dan Efisien yang Wajib Kamu Coba

7 Tips Belajar Efektif dan Efisien yang Wajib Kamu Coba

PaperEdukasi – Belajar bagi pelajar adalah suatu kewajiban sebagaimana hakikatnya seorang pelajar, namun apakah kamu sudah menerapkan tips belajar secara efektif?

Pelajar yang baik pastinya wajib belajar yang baik. Belajar yang baik merupakan belajar yang membuat peningkatan pengetahuan, perilaku serta keterampilannya.

Tetapi apakah belajar yang Kamu lakukan telah efisien serta efektif? Bila belum, simak 7 metode belajar yang efisien serta efektif berikut ini:

1. Buat Atmosfer Belajar yang Nyaman

Yang butuh Kamu lakukan pertama kali yakni bagaimana Kamu membangun atmosfer belajar yang nyaman. Terdapat banyak metode agar mood belajar itu timbul.

DI antaranya, Kamu dapat belajar sembari mencermati musik, belajar di tempat- tempat yang aman misalnya di halaman ataupun dipinggir danau, dan juga diruangan ber- AC.

2. Merangkum Pokok Pembelajaran

Yah, mencatat pokok- pokok pembelajaran adalah satu satu hal penting lainnya. Mengapa? Sebab bila Kamu membaca 1 buku, kamu perlu waktu yang sangat lama buat menuntaskan. Ambilah intisari dari pelajaran tersebut. Cara ini akan memudahkan kamu dalam memahami isi materi atau pelajaran dari buku tersebut.

3. Belajar Bersama

Cara ini kerapkali di katakan cara yang sangat efisien sebab dalam atmosfer belajar berkelompok yang lumayan santai otak akan menjadi lebih rileks untuk menerima pelajaran atau modul yang hendak Sobat serap.

Tidak hanya itu hal- hal yang belum di ketahui jadi lebih gampang di selesaikan dengan bekerja sama. Hingga sangat di sarankan buat sobat untuk mencoba belajar bersama terutama saat ingin menghadapi tes.

4. Menggunakan Jembatan Keledai (Metafora)

Cara ini digunakan untuk sebagian orang yang kesusahan dalam menghafal dengan metode memakai nama- nama yang nyaris mirip untuk mengingat sebuah materi pelajaran.

Ini sangat efisien kamu gunakan serta otak sangat gampang mengingatnya, karena otak akan lebih mudah menerima informasi yang sudah dikenalnya.

Otak kita juga lebih mudah untuk mengingat kisah atau cerita di bandingkan dengan sebuah materi tanpa ada hubungan dengan materi lain.

Misalnya, kamu ingin menghafal urutan sistem pencernaan. Kamu bisa menggunakan metafor “MuKe Lu keBesarAN” yang berarti, mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus.

5. Belajar dengan Praktik

Belajar sembari praktek merupakan cara yang sangat efisien. Yah, Metode belajar ini pula bisa membuat Kamu tidak merasa bosan.

Misalnya pelajaran IPA semacam Botani ataupun Avertebrata, kita dapat belajar sembari mengamati tumbuh- tumbuhan, hewan ataupun apapun, dengan itu kita dapat membuat suatu kegiatan belajar jadi lebih asik.

6. Belajar teratur tetapi jangan lama

Dengan teratur belajar Kamu bisa sangat mudah untuk mengingat materi yang telah Kamu pelajari. Yang perlu dilakukan adalah belajar dengan teratur, bukan belajar dengan sangat lama.

Kamu bisa menggunakan teknik pomodoro untuk membuat belajar kamu juga jauh lebih efesien dan teratur.

7. Paham Bukan Menghafal

Yah, perihal yang sangat kerap dicoba oleh siswa atapun mahasiswa jika ingin menghadapi tes adalah menghafal. Sebenarnya, tidak masalah hanya saja kurang efisien.

Mencoba menghafal, hanya akan membuat kamu mengingat materi tersebut dalam jangka pendek. kamu perlu memahami poin poin penting dalam materi yang dipelajari, mengaplikasikannya, dan mencoba menguji pemahaman kamu lewat latihan.

Itulah sedikit tips belajar secara efektif ala mimin Paper Edukasi. Semoga bermanfaat dan selamat belajar Sobat Edu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *