8 Bidang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang Harus Kamu Tahu

By Paper Edukasi

Published on:

PKM
---Advertisement---

Paperedukasi.com – PKM atau Program Kreativitas Mahasiswa merupakan suatu program yang dilakukan mahasiswa sebagai salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi dalam upaya menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif bagi mahasiswa.

Jika kamu hendak mengikuti kegiatan ini, sebaiknya kenali terlebih dahulu jenis-jenis PKM yang ada saat ini. Hal ini wajib diketahui oleh setiap mahasiswa yang hendak mengikuti kegiatan PKM. Jangan sampai salah penempatan. Karena penempatan PKM yang benar juga menjadi poin penting supaya bisa lolos pendanaan.

PKM sendiri tidak hanya terdiri dari 1 jenis saja, tetapi ada beberapa jenis PKM yang bisa kamu ikuti. Bahkan kamu akan sempat keliru mana jenis PKM yang sesuai dengan ide yang kamu punya. pada umunya, PKM dibagi menjadi 8 jenis, antara lain:

1. PKM Bidang Riset (PKM-R)

PKM-R bertujuan untuk mengungkap bagaimana hubungan sebab-akibat, aksi-reaksi, rancang bangun, perilaku sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan atau budaya baik dalam aspek eksperimental maupun deskriptif.

Mengingat sifat dan metode program yang berbeda maka PKM-RE dikelompokkan menjadi PKM-Riset Eksakta (PKM-RE) dan Sosial Humaniora (PKM-RSH).

PKM-RE meliputi penelitian yang mengungkap hubungan sebab-akibat, aksi-reaksi, rancang bangun, eksplorasi, materi alternatif, desain produk atraktif, blue print dan sejenisnya atau identifikasi senyawa kimia aktif.

PKM-RSH meliputi penelitian yang mengungkap hubungan sebab-akibat, penelitian deskriptif tentang perilaku sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan atau budaya masyarakat baik terkait dengan kearifan lokal maupun perilaku kontemporer.

Contohnya :

Desain Turbine Spiral Horizontal Axis Hydro Sebagai Solusi Alternatif Energi Baru Terbarukan. [Judul PKM-RE mahasiswa Universitas Muria Kudus 2018]

Pengaruh Pengendalian Diri dan Pendapatan Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. [Judul PKM-RSH mahasiswa Universitas Negeri Surabaya 2017]

2. PKM Bidang Kewirausahaan (PKM-K)

PKM-K bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam menghasilkan komoditas unik serta merintis kewirausahaan yang berorientasi pada profit.

Namun, dalam hal ini lebih mengutamakan keunikan dan kemanfaatan komoditas usaha (adamuatan intelektual) daripada profit. Pelaku utama adalah mahasiswa, sementara pihak lainnya hanya sebagai faktor pendukung.

Contohnya :

HypoLink (Hydroponik Learning Pack) – Solusi unik, cerdas dan atraktif media edukasi anak untuk cinta lingkungan. [Judul PKM-K mahasiswa Universitas Gadjah Mada 2014]

3. PKM Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM)

PKM-PM bertujuan untuk menumbuhkan empati mahasiswa kepada persoalan yang dihadapi masyarakat melalui penerapan iptek kampus yang menjadi solusi tepat bagi persoalan atau kebutuhan masyarakat yang tidak berorientasi pada profit.

Direkomendasikan merupakan respon persoalan yang disampaikan masyarakat dan bukan inisiatif mahasiswa. Diperlukan Surat Pernyataan Kesediaan Bekerjasama antara Pengusul dan kelompok masyarakat calonmitra.

Jika masyarakat mitra adalah kelompok masyarakat (bukan pemerintah desa atau dusun), maka yang bertanda tangan sebagai mitra bukan Kepala Desa atau RT/RW tetapi kelompok yang akan memperoleh manfaat program. Surat termaksud disertakan dalam lampiran proposal.

Contohnya :

Peer Group Course for Difabel Child: Solusi Jika Terbentuknya Kelompok Inklusif pada Kalangan Anak-anak di Paguyuban Penyandang Cacat Klaten. [Judul PKM-PM mahasiswa Universitas Gadjah Mada 2016]

4. PKM Bidang Penerapan Iptek (PKM-PI)

PKM-PI bertujuan untuk membukawawasan iptek mahasiswa terhadap persoalan yang dihadapi dunia usaha (usaha mikro sampai perusahaan besar) atau masyarakat yang berorientasi pada profit seperti bidan yang memiliki Klinik Bersalin, petani, nelayan, pedagang jamu gendong, tukang becak dan lain-lain.

Solusi iptek yang diimplementasikan harus merupakan respon persoalan prioritas yang disampaikan calon mitra. PKM-PI mewajibkan adanya Surat Pernyataan Kesediaan Bekerjasama antara Pengusul dan calon Mitra. Surat termaksud disertakan dalam lampiran proposal.

Contohnya :

Penanaman Karakter Kreatif dan Komunikatif pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi di SD Negeri 1 Campursari. [Judul PKM-PI mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang 2021]

5. PKM Bidang Karsa Cipta (PKM-KC)

PKM-KC bertujuan membentuk kemampuan mahasiswa mengkreasikan sesuatu yang baru dan fungsional atas dasar karsa dan nalarnya. Karya cipta tersebut bisa saja belum memberikan kemanfaatan langsung bagi pihak lain. PKM-KC tidak meniru produk eksisting baik di dalam maupun luar negeri, kecuali memodifikasi prinsip dan/atau fungsinya.

Contohnya :

IMAN KEMPES (Implementasi Antropometri pada Alat Kemudi Pesawat Terbang) : Solusi Untuk Mempermudah Pengendalian Arah pada Pesawat Terbang. [Judul PKM-KC mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta 2017]

6. PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK)

PKM-GFK bertujuan untuk memotivasi partisipasi mahasiswa dalam mengelola imajinasi, persepsi dan nalarnya, memikirkan tata kelola yang futuristik namun konstruktif sebagai upaya pencapaian tujuan SDGs di Indonesia maupun solusi keprihatinan bangsa Indonesia.

Contohnya :

Solusi Penanganan Banjir dan Implementasi Resilient City melalui Konsep Water Sensitive Coastal City yang Berkelanjutan. [Judul PKM-GFK mahasiswa Universitas Gadjah Mada 2021]

7. PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT)

PKM-GT bertujuan untuk meningkatkan daya imajinasi mahasiswa dalam merespon tantangan zaman, umumnya berupa konsep perubahan dan/atau pengembangan dari berbagai aspek berbangsa, bersifat futuristik, jangka panjang, tetapi berpotensi untuk direalisasikan.

Contohnya :

Pemanfaatan Limbah Kawat Tembaga dan Limbah Seng Untuk Membuat Baterai. [Judul PKM-GT mahasiswa Universitas Negeri Sriwijaya 2018]

8. PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI)

PKM-AI bertujuan untuk memberi pengalaman mahasiswa menghasilkan karya tulis ilmiah. Merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari hasil kegiatan akademik lainnya dalam bidang pendidikan, penelitian atau pengabdian kepada masyarakat (misalnya studi kasus, praktik lapang, KKN, PKM, magang) yang merupakan hasil kerja kelompok.

Contohnya :

Jalur Panu (Jaringan Jalan Umum Terintegrasi dengan Panel Surya) Sebagai Sumber Energi Ramah Lingkungan Terbarukan di Kota Surabaya. [Judul PKM-AI mahasiswa Universitas Universitas Airlangga 2018]

Demikian bahasan mengenai jenis-jenis bidang Pekan Kreativitas Mahasiswa atau PKM beserta contohnya.

Leave a Comment