Sejarah Internet

Bagaimana Sejarah Awal Internet Dimulai?

PaperEdukasi, Sejarah Internet – Internet tidak pernah terlepas dalam kehidupan kita. Hampir setiap hari kita selalu terkoneksi dengan yang namanya internet. Di zaman moderen ini sudah banyak orang menggunakan internet baik untuk kebutuhan belajar, bekerja, atau sekadar hiburan. Namun, apakah kamu tau apa itu internet dan kapan era internet dimulai ?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit.

Menurut laporan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 63 juta orang. Dari angka tersebut, 95 persennya menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial.

Bagaimana Sejarah Internet Dimulai?

Bersumber dari buku “Buku Pintar Menguasai Internet”, karya Darma, dkk. dijelaskan bahwa sejarah internet atau keberadaan internet dimulai dari adanya rangkaian pusat yang dibuat oleh ARPA (Advanced Research Projects Agency) pada tahun 1969.

Badan penelitian asal Amerika tersebut memiliki kontribusi yang besar bagi perkembangan teknologi dunia. Pembuatan internet diawali oleh alasan dari para peneliti tersebut yang tidak bisa bekerja karena tidak dalam satu lokasi.

Akhirnya, ARPA memutuskan untuk membuat jaringan komputer yang dinamai ARPANET pada tahun 1969. Berkat adanya ARPANET, para peneliti tersebut bisa mengumpulkan data-data lewat server dan berkomunikasi satu sama lain.

Pada saat itu, ARPANET berbentuk jalur atau kabel telepon dan digunakan oleh kalangan tertentu saja. Untuk mempercepat proses transmisi data, ARPANET mengajak kerjasama NOVEL untuk menciptakan data-data tersebut bisa dipecah menjadi paket yang lebih kecil lewat teknologi paket switching.

Perkembangan Internet

Dikarenakan manfaat yang dirasakan cukup besar dari networking hasil ARPANET dan NOVEL, akhirnya para peneliti memutuskan untuk mengembangkan teknologi tersebut. Setelah itu, barulah teknologi networking digunakan pada sejumlah komputer dengan cakupan yang lebih banyak.

Baca juga :  Kemenag Gelar Kompetisi Robot untuk Madrasah yang Ke-8 kali, Ini Hadiahnya

Fitur dari networking yang pertama kali dikenalkan adalah email pada tahun 1972. Belum puas dengan kemudahan yang diperoleh dari adanya email, para peneliti terus mengembangkan protokol rangkaian pusatnya dari NCP ke TCP/IP.

Semenjak itulah internet mulai melambung dan pada tahun 1989, ARPANET sudah mempunyai 100.000 server yang saling terhubung. Dikarenakan ARPANET hanya bisa dijalankan oleh orang yang mengerti bahasa pemrograman, akhirnya dibuatlah Hypertext Transfer Protocol atau yang hari ini kita kenal sebagai HTTP.

Keberadaan HTTP yang dirancang oleh Tim Berners-Lee tersebut menjadikan lebih banyak orang lagi dapat mengakses internet. HTTP sendiri memiliki fungsi sebagai alamat yang digunakan dalam mengakses internet. HTTP memudahkan para pengguna dalam mencari apa yang ingin mereka akses.

Adapun istilah untuk alamat yang ada dalam masing-masing komputer yakni IP Address yang tiap orang memiliki satu alamatnya masing-masing.

Bagaimana Cara Kerja Internet?

Jika selama ini kita hanya menggunakan internet dengan mudah, namun ternyata internet memiliki hal rumit di baliknya di mana beberapa sistem saling terkait sehingga dapat menjalankan koneksi.

Sistem-sistem penting tersebut menjadikan internet dapat bekerja. Di bawah ini adalah hal-hal yang penting dalam sistem kerja internet:

1. Server Client

Untuk terhubung ke internet, diperlukan server. Server merupakan komputer yang mengirimkan data dari dan ke dalam internet. Komputer yang bisa kita gunakan disebut client atau yang meminta informasi dari ISP dengan fungsi sebagai server.

2. Satelit dan Antena Pemancar

Server baru bisa terhubung melalui satelit atau antena pemancar. Dengan kedua sistem tersebut, maka proses transmisi data bisa berjalan dan disebarluaskan ke seluruh penjuru negara.

3. Modem dan Router

Sebuah komputer bisa terhubung ke internet melalui modem. Namun jika internet ingin dihubungkan ke banyak komputer, maka dari modem bisa dihubungkan terlebih dahulu ke router.

Baca juga :  Ghozali Everyday, Pemuda yang Menjadi Miliarder Setelah Jual Foto Selfie di NFT

4. Protokol

Bahasa komputer yang digunakan untuk berkomunikasi oleh server dan client disebut protokol. Kita akan menemukan istilah HTTP yang disebut alamat atau protokol tersebut.

Untuk mengakses situs web dan mendapatkan informasi, kita akan memasukkan HTTP serta alamat website yang akan diakses.

5. IP

IP merupakan alamat numerik yang berfungsi untuk mengirim paket informasi komputer. IP Address memberikan informasi tentang dari mana asal paket dan akan dikirim ke mana paket tersebut.

6. Internet Browser

Internet browser tentunya sudah sering kita buka pertama kali ketika hendak mengakses internet. Internet browser ini antara lain adalah Google Chrome, Opera, Firefox, dan lainnya.

Demikian mengenai bahasan bagaimana sejarah internet dimulai. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *