Berapa Lama Sih Lulusan ITB Mendapatkan Pekerjaan Usai Lulus Kuliah?

By Paper Edukasi

Updated on:

Lulusan itb
---Advertisement---

Sebagai mahasiswa, harapan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang studi dan minat merupakan bagian tak terpisahkan dari perjalanan pendidikan.

Begitu pula halnya bagi para mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB), sebuah institusi pendidikan yang dikenal luas atas prestasi dan reputasi akademiknya yang tinggi.

Namun, proses tersebut seringkali tidaklah mudah. Meskipun telah melalui tahun-tahun yang penuh tantangan dan dedikasi dalam menyelesaikan program studi, realitas pencarian pekerjaan seringkali membutuhkan waktu dan usaha yang lebih dari yang diperkirakan.

Oleh karena itu, penting untuk menggali lebih dalam data dan survei terkait hal ini guna memahami lebih baik proses pencarian kerja bagi para lulusan ITB.

Profil Responden dan Waktu Pencarian Pekerjaan

Berdasarkan survei Tracker Study 2020 yang dilakukan oleh Direktorat Kemahasiswaan ITB, dari total 2291 responden, diketahui bahwa rata-rata lulusan ITB tahun 2013 memperoleh pekerjaan setelah 2 bulan lulus kuliah. Rincian waktu pencarian pekerjaan adalah sebagai berikut:

  • Kurang dari 3 Bulan: Sebanyak 1139 orang atau sekitar 49.7% responden mendapatkan pekerjaan kurang dari 3 bulan setelah lulus.
  • 3 sampai 6 Bulan: Ada sebanyak 841 orang atau sekitar 36.7% responden yang mendapatkan pekerjaan dalam rentang waktu 3 sampai 6 bulan setelah lulus.
  • Lebih dari 6 Bulan: Sebanyak 311 orang atau sekitar 13.6% responden harus menunggu lebih dari 6 bulan untuk mendapatkan pekerjaan.

Metode Pencarian Pekerjaan

Mayoritas lulusan ITB memperoleh pekerjaan pertama mereka melalui relasi, teman, dan kenalan. Berdasarkan data yang tersedia, sebanyak 924 orang atau sekitar 40.3% responden mendapatkan pekerjaan melalui jalur ini. Sementara itu, metode pencarian pekerjaan lainnya adalah melalui internet, seperti ITB Career Center, serta menerima panggilan langsung dari perusahaan.

Peran Lingkungan Internal dalam Pencarian Pekerjaan

Menurut informasi dari ITB Tracer Study, lingkungan internal, seperti teman, alumni, keluarga, dosen, dan guru, memiliki peran yang sangat besar dalam mendapatkan pekerjaan. Sebanyak 71% responden mendapatkan pekerjaan dari teman, alumni, dan kenalan mereka, sementara 16% mendapatkan pekerjaan melalui dosen atau guru. Sisanya, sebanyak 13%, mendapatkannya dari orang tua, saudara, dan keluarga.

Rata-Rata Gaji Lulusan ITB

Meskipun proses pencarian pekerjaan dapat bervariasi, lulusan ITB rata-rata mendapatkan gaji sebesar Rp 9,3 juta. Namun, angka tersebut belum termasuk bonus tahunan. Besarnya bonus tahunan dapat mencapai dua kali lipat dari gaji pokok, dengan rata-rata sebesar Rp 28.814.892.

Dengan demikian, walaupun proses pencarian pekerjaan tidak selalu mudah, lulusan ITB memiliki peluang yang baik untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang menggiurkan setelah menyelesaikan studi mereka.

Dari data dan informasi di atas, terlihat bahwa pendidikan dan relasi dalam lingkungan internal memainkan peran penting dalam membantu lulusan ITB untuk mencapai kesuksesan karier mereka setelah lulus.

Related Post

Leave a Comment