Kuliah tatap muka
Foto : iStock / Berikut Daftar Kampus Indonesia yang Siap Kuliah Tatap Muka

Berikut Daftar Kampus Indonesia yang Siap Kuliah Tatap Muka

PaperEdukasi – Sejumlah universitas telah bersiap kuliah tatap muka, bahkan ada yang sudah melakukan secara hybrid. Terlebih, kini seluruh wilayah Jawa dan Bali tidak ada yang termasuk dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

Informasi terbaru bahwa semua kawasan Jawa-Bali berada di level 2 dan 3 disampaikan oleh Menko Kemaritiman dan Investasi (Menko) Luhut Binsar Pandjaitan saat konferensi pers virtual, Senin 20 September 2021.

Menurut Luhut tidak ada lagi kabupaten/kota yang berada di level 4 di Jawa Bali, artinya semua ada di level dua dan tiga.

Dirinya juga menyampaikan arahan Presiden Jokowi mengenai update level PPKM yang diubah menjadi per 2 minggu. Namun, evaluasi tetap dilaksanakan tiap pekan untuk mengetahui efektivitas pengendalian pandemi.

Lantas, mana saja universitas yang kini siap melakukan kuliah tatap muka? Simak daftarnya!
Daftar kampus siap kuliah tatap muka

1. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

Universitas Surabaya (Unesa) merupakan tuan rumah focus group discussion (FGD) yang membahas persiapan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Acara ini diikuti Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti Ristek) dan belasan pimpinan perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia pada Minggu 19 September 2021.

Sebagian besar pimpinan PTN mengatakan siap kuliah tatap muka dalam waktu dekat dan sebagian justru sudah melakukannya sejak Senin, 20 September 2021.

Di Unesa sendiri, pembelajaran tatap muka terbatas dan bertahap (PTMTB) turut dimulai pada 20 September 2021. “PTMTB di Unesa di mulai pada Senin, 20 September 2021. PTMTB diselenggarakan oleh Prodi di bawah koordinasi jurusan dan fakultas,” terang Rektor Unesa, Nurhasan.

Di Unesa, PTMTB dilakukan secara hybrid, yakni perpaduan daring dan luring. Ketentuan mengenai jadwal kuliah, kapasitas mahasiswa, penentuan mahasiswa, dosen pengajar, dan tenaga kependidikan yang bertugas, diserahkan pada tiap program studi.

2. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melakukan kuliah tatap muka pada semester ini di bulan Agustus-Desember. Meski begitu, Tim Pengembang Wakil Rektor UNJ Meiliasari menjelaskan bahwa PTM hanya untuk perkuliahan yang butuh praktikum.

Sementara, perkuliahan teori akan tetap di lakukan daring. Lebih lanjut, kapasitas mahasiswa yang melakukan praktikum di laboratorium adalah maksimal 50 persen dan harus sudah vaksinasi COVID-19.

3. Institut Pertanian Bogor

PTM terbatas di IPB University mulai di laksanakan Oktober mendatang. “Kita akan melaksanakan secara bertahap, sambil terus memantau perkembangan pandemi.

Paling cepat kegiatan offline di lakukan setelah UTS (pertengahan Oktober), dan mengutamakan pada kegiatan peningkatan skill mahasiswa melalui kegiatan praktikum, praktik di laboratorium, studio/laboratorium lapang,” kata Wakil Rektor IPB Martianto, Selasa (31 Agustus 2021).

4. Universitas Negeri Sebelas-Maret (UNS)

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah melakukan kuliah tatap muka sejak Senin, 6 September 2021. Empat fakultas melakukan PTM di hari pertama, yakni Fakultas Keolahragaan (FKOR), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Kedokteran (FK), dan Fakultas Hukum (FH).

Meski begitu, untuk sementara, kapasitas ruang perkuliahan akan terbatasi maksimal 30 persen. “Kita mulai karena semester satu baru masuk. Nanti bertahap lagi ke semester lima dan tujuh.

UNS sudah bisa kita mulai termasuk ujian skripsi, disertasi, tesis, dan sebagainya yang berikutnya kalau sudah memungkinkan 30 persen bisa naik ke 40 persen dan 50 persen. Semua sudah harus menerapkan tata cara disiplin prokes,” jelas Prof. Jamal, dikutip dari laman UNS.

5. Universitas Airlangga (Unair)

Universitas Airlangga (Unair) Surabaya juga menggelar PTM terbatas sejak Senin, 6 September 2021. Namun, kuliah tatap muka di lakukan secara hybrid.

“Akan menyesuaikan kondisi pandemi ini dan tergantung dari kebijakan prodi yang menuntut soft skill tinggi. Kegiatan pembelajaran di Unair baru mulai tanggal 6 September 2021,”ujar direktur Pendidikan Unair, Sukardiman, pada 3 September 2021.

Sukardiman menambahkan, “Ada beberapa Prodi Rumpun Ilmu Kesehatan akan melaksanakan praktikum hybrid pada pertengahan Oktober 2021, setelah UTS.”

6. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) hendak melakukan PTM mulai bulan Oktober 2021. Menurut Rektor UGM Panut Mulyono, perkuliahan tatap muka akan mulai lakukan setelah ujian tengah semester.

PTM ini juga menurutnya terutama bagi mahasiswa yang sejak tahun kemarin belum datang ke kampus. “Terutama mahasiswa UGM yang sejak tahun lalu belum pernah ke kampus, kemudian yang di terima tahun ini.

Nah ini yang kami utamakan untuk memulai pembelajaran tatap muka,” imbuhnya.

7. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia (UI) belum akan melaksanakan kuliah tatap muka di semester ini. Namun, sejak tahun lalu UI sudah melakukan blended learning atau hybrid.

“Selama pandemi sejak tahun lalu, kami melakukan pembelajaran blended learning. Yang luring adalah yang praktik di lab, antara lain di FT,” katanya beberapa waktu lalu.

“UI berkomitmen untuk mendukung dan melaksanakan kebijakan dan program nasional. Sejak awal tahun ajaran 2020/2021, UI sudah melaksanakan PTM secara selektif, menentukan kegiatan belajar mengajar mana saja yang perlu di laksanakan secara tatap muka. Ada yang online (daring) ada yang offline (luring),” tambahnya.

Amelita menegaskan, UI masih menunggu adanya surat edaran resmi. UI akan melaksanakan PTM secara selektif, yang menyesuaikan dengan kebutuhan proses pembelajaran dan kepentingan menjaga keselamatan dan kesehatan civitas akademika.

8. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Melansir dari situs resminya, kegiatan akademik secara luring di Institut Teknologi Bandung (ITB) akan lakukan dengan bertahap. Pada akhir September 2021, ada 1.087 mahasiswa yang akan kuliah secara tatap muka.

Lalu, pada awal Oktober 2021. Ketentuannya adalah 3.229 mahasiswa di kampus Ganesha dan 170 di kampus Jatinangor.

Sementara, pada November mendatang akan mulai lakukan kegiatan akademik luring untuk 804 mahasiswa kampus Ganesha dan 647 di kampus Jatinangor. Rektor ITB Reini Wirahadikusumah mengungkapkan bahwa mahasiswa bisa mulai memesan indekos untuk masa bulan Oktober hingga Desember.

9. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali melaksanakan perkuliahan secara hybrid sejak Senin (20 September 2021). Hal ini seiring dengan status kota Surabaya yang tergolong pada PPKM level 1.

Pada perkuliahan hybrid ini, Rektor ITS Mochamad Ashari. menyebutkan bahwa mahasiswa yang dapat mengikuti kuliah luring adalah angkatan 2020 dan 2021, berasal dari Surabaya, serta dalam kondisi sehat dan sudah divaksin. Kapasitas per kelas juga dibatasi sebanyak 50 persen.

Sumber artikel : detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *