Cara Cek Status Penerimaan Bantuan Sosial (Bansos) dari Pemerintah

By Paper Edukasi

Updated on:

Pencairan dana bansos
---Advertisement---

Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang luas, termasuk secara ekonomi. Banyak masyarakat yang terdampak secara finansial akibat kehilangan pekerjaan atau pendapatan. Dalam upaya membantu masyarakat yang terkena dampak ini, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Sosial (Kemensos) menyediakan program bantuan sosial (bansos) sebagai salah satu langkah mitigasi.

Pelaksanaan Bantuan Sosial (Bansos) Sebagai Respons Terhadap PPKM Darurat dan PPKM Level 4

Sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan PPKM Darurat dan PPKM Level 4, pemerintah Indonesia kembali menggelontorkan beragam bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat.

Bantuan tersebut mencakup berbagai jenis, mulai dari uang tunai hingga sembako, yang ditujukan untuk membantu kelompok masyarakat yang terdampak secara ekonomi oleh pandemi COVID-19, termasuk ibu hamil hingga anak sekolah.

Jenis Bantuan Sosial (Bansos) yang Disediakan

Bantuan sosial yang disediakan oleh pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) mencakup beberapa program, di antaranya:

  1. Program Keluarga Harapan (PKH): Program ini memberikan bantuan kepada keluarga pra-sejahtera dalam bentuk uang tunai dan beras. Bantuan ini ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, termasuk melalui pendidikan dan kesehatan.
  2. Kartu Sembako: Kartu ini memberikan bantuan berupa sembako kepada keluarga miskin atau rentan yang terdaftar dalam basis data penerima manfaat. Bantuan sembako ini berupa paket-paket bahan makanan pokok yang dibutuhkan oleh keluarga.
  3. Bantuan Langsung Tunai (BLT): Program BLT memberikan bantuan berupa uang tunai kepada keluarga yang terdampak secara ekonomi oleh pandemi COVID-19. Bantuan ini bertujuan untuk membantu keluarga dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Besaran Bantuan dan Jangka Waktu Penyaluran

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, besaran bantuan yang disalurkan dan jangka waktu penyalurannya adalah sebagai berikut:

  • Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp 300.000 per bulan: Pencairan BLT sebesar Rp 300.000 per bulan telah dimulai pada bulan Juli 2021.
  • Program Keluarga Harapan (PKH): Besaran bantuan PKH akan disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga penerima. Selain uang tunai, PKH juga memberikan tambahan bantuan berupa beras.

Besaran Bantuan dalam Program Keluarga Harapan (PKH)

Menurut penjelasan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, besaran bantuan dalam program PKH adalah sebagai berikut:

  • Ibu Hamil atau Balita: Rp 3 juta per tahun.
  • Anak Sekolah Dasar (SD): Rp 900.000 per tahun.
  • Anak Sekolah Menengah Pertama (SMP): Rp 1,5 juta per tahun.
  • Anak Sekolah Menengah Atas (SMA): Rp 2 juta per tahun.
  • Difabel: Rp 2,4 juta per tahun.
  • Lansia: Rp 2,4 juta per tahun.

Cara Pengecekan Penerima Bantuan Sosial (Bansos)

Masyarakat yang ingin mengecek apakah termasuk dalam daftar penerima bansos dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke Laman Resmi: Kunjungi laman resmi Kementerian Sosial (Kemensos) di https://cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Isi Informasi: Masukkan informasi seperti provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan sesuai dengan data yang dimiliki.
  3. Verifikasi Identitas: Masukkan nama penerima manfaat (PM) sesuai dengan data yang tertera pada KTP.
  4. Verifikasi Captcha: Ketikkan 8 huruf kode captcha yang tertera untuk verifikasi.
  5. Pengecekan Data: Klik opsi “CARI DATA” untuk melakukan pengecekan.

Dengan adanya akses yang mudah melalui laman resmi tersebut, diharapkan masyarakat yang berhak menerima bantuan sosial dapat memperoleh informasi dengan cepat dan akurat. Langkah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memastikan bahwa bantuan sosial tersalurkan kepada yang membutuhkan dengan tepat dan efisien dalam menghadapi dampak ekonomi dari pandemi COVID-19.

Related Post

Leave a Comment