hotspot android sering eror
Foto : iStock / Cara Mengatasi Hotspot di Handphone Android yang Sering Eror

Cara Mengatasi Hotspot di Handphone Android yang Sering Eror

Paperedukasi – Smartphone adalah teknologi yang sudah menjdi kebutuhan primer untuk manusia jaman sekarang. Teknologi tersebut dapat bermanfaat untuk melakukan banyak hal, mulai dari berkomunikasi, bekerja, hingga bermain.

Namun, Walau terbilang canggih, tetap saja smartphone masih jauh dari kata sempurna. Misalnya saja ketika kita menemukan masalah fitur hotspot pada ponsel Android yang eror, tentu kita sangat jengkel ketika mendapati hal tersebut.

Fitur Hotspot pada Handphone Android mempunyai fungsional yang cukup pintar. Pemilik ponsel bisa mengendalikan seluruh perihal dari SSID serta keamanan tanpa terdapat batasan sama sekali.

Tidak hanya itu, koneksi internet bisa kita batasi secara otomatis, sehingga segala fitur yang terhubung dapat kebagian koneksi internet secara merata.

Cara Mengatasi Hotspot yang Sering Eror Pada Handphone Android

Kejadian Hotspot yang bermasalah pada ponsel Android bisa terjadi sebab banyak hal. Ketika hostpot postable pada ponsel kita mendadak eror, nyatanya terdapat sebagian kesalahan yang tanpa kita sadari sudah kita perbuat sebelumnya. Silakan ikuti cara- cara berikut ini:

1. Restart Ponsel dan On-kan Hotspot Kembali

Me-restart perangkat sangat disarankan untuk memastikan bahwa permasalahan eror hotspot portable pada sistem Android Anda hanya sekedar malfungsi.

Sebab kita tidak dapat memprediksi kinerja ponsel kita sendiri dan hal tersebut bisa terjadi kapan saja.

Restart ponsel Anda dengan menonaktifkan data seluler terlebih dahulu, lalu hidupkan lagi data seluler setelah ponsel sudah aktif, kemudian mulai mencoba hidupkan kembali hotspot portable untuk memastikan bahwa masalah pada hotspot Anda sudah teratasi.

Jika hal tersebut berhasil, berarti kendala yang dialami hanyalah malfungsi. Hal tersebut biasa terjadi dan biasanya terjadi oleh aplikasi yang baru-baru terinstall atau karena hal lain.

2. Lakukan Pembaruan Sistem Ponsel Android

Memperbarui ponsel Android dapat memastikan setiap kesalahan/bug yang ada sebelumnya termasuk untuk menyelesaikan masalah hotspot portable yang eror.

Jika ponsel Android Anda tidak mendapatkan pembaruan sistem lagi dari developer, alternatifnya adalah Anda dapat mereset ponsel Anda dengan factory reset atau mengembalikan sistem ponsel seperti keadaan semula.

Namun, sebelum melakukan factory reset Anda perlu melakukan backap file dari ponsel Anda terlebih dahulu. Tujuannya yaitu menghindari adanya file-file penting yang hilang secara permanen.

3. Periksa Aplikasi Yang Baru Saja Diinstal

Aplikasi adalah software atau perangkat lunak yang beroprasi secara independen dari fungsi teknis sistem operasi dan dibuat dengan tujuan untuk membantu serta mempermudah kerja dari suatu Handphone

Namun, terkadang aplikasi yang kita instal dengan harapan dapat memudahkan kerja ponsel kita  justru membawa masalah pada sistem ponsel.

Hal tersebut terjadi karena adanya pihak yang tidak bertanggun jawab yang membuat aplikasi dengan tujuan untuk kejahatan, seperti penyadapan atau pencurian data.

Aplikasi menyediakan fungsi yang hanya tersedia jika terinstall dan itu bukan bagian dari sistem operasi.

Jika Anda menemukan masalah pada ponsel Anda setelah menginstal suatu aplikasi, cobalah untuk memeriksanya dengan cara mebuka menu setting dan scroll ke bawah lalu temukan aplikasi terinstal.

Mimin saranin sih uninstal aja aplikasinya kalo cuma jadi masalah pada ponsel Android kita karena jika hanya terinstal aplikasi tersebut dapat merusak kerja dari sistem Handphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *