Cara Menggandakan Aplikasi Android dengan Mudah dan Praktis

Posted on

PaperEdukasi –¬† Banyak orang yang ingin tahu bagaimana cara menggandakan aplikasi atau dalam kata lain menginstall dua aplikasi yang sama pada smartphone Android. Biasanya, ketika kita sudah menginstall sebuah aplikasi kemudian memasangnya lagi, maka aplikasi yang pertama akan tertimpa. Artinya smartphone Android akan menolak aplikasi yang sama pada sistemnya.

Hal ini menjadi salah satu kekurangan dari HP Android, di mana dalam sistemnya kita tidak bisa menginstall dua aplikasi yang sama di satu perangkat tanpa menimpanya. Namun jangan khawatir, bagi kamu yang ingin menginstall dua aplikasi dalam satu perangkat Android masih bisa melakukannya, kok. Masih ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menggandakan aplikasi di Android.

Cara menggandakan aplikasi Android sebenarnya cukup mudah. Setidaknya ada 6 cara yang akan di bahas tentang bagaimana caranya menggandakan aplikasi Android. Oleh karena itu simak caranya hingga selesai, ya!

Cara Menggandakan Aplikasi Android

Dengan menggandakan aplikasi, artinya kita menginstall dua aplikasi yang sama pada satu perangkat Android. Hal ini dapat berguna untuk beberapa keperluan. Misalnya ketika kamu ingin menggandakan aplikasi WhatsApp pada satu perangkat yang sama. Berikut 6 cara menggandakan aplikasi di Android.

Menggandakan Aplikasi dengan App Cloner

App Cloner adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk membuat salinan aplikasi pada perangkat. Ketika “App Cloner” di aktifkan, salinan baru aplikasi akan dihasilkan di layar beranda. Aplikasi aslinya dapat berjalan secara bersamaan tanpa mempengaruhi satu sama lain.

Install Aplikasi  App Cloner

Langkah 1 – Install Aplikasi App Cloner pada perangkat Android kamu. Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, aplikasi ini mampu menggandakan aplikasi Android dengan mudah untuk diinstall dalam satu smartphone.

Baca juga :  5 Tips Mengatasi Kendala Tidak Bisa Upload Produk di Shopee

Kamu bisa mengunduh aplikasi App Cloner di sini.

Buka Aplikasi App Cloner dan Jalankan Settingan

Langkah 2 РSetelah selesai terunduh, selanjutnya install aplikasi App Cloner.  Kemudian pilih aplikasi yang ingin kamu gandakan. Misalnya Facebook, jika kamu ingin menggunakan aplikasi Facebook lebih dari satu akun maka kamu hanya tinggal mengclone aplikasinya.

Kamu juga bisa menggunakan versi premium dengan membeli lisensi dari aplikasi App Cloner ini. Di mana pada fitur premium akan tersedia banyak fitur yang tidak bisa digunakan pada aplikasi versi biasa.

Langkah 3 – Setelah kamu memilih mana aplikasi yang akan diclone atau digandakan, selanjutnya kamu bisa melakukan settingan aplikasi. Kamu bisa mengcustome settingan aplikasi sesuai kebutuhan. Kamu juga bisa mengganti warna dari aplikasi yang kamu clone agar tidak tertukar dengan aplikasi aslinya.

Saran settingan aplikasi :

Privacy Option :

      • Aktifkan Incognito Mode dengan klik centang
      • Change Anddroid ID (Centang keduanya)
      • Aktifkan Change IMEI/IMSI dengan klik Random di kedua opsinya
      • Centang Hide SIM & Operator Info
      • Aktifkan Hide Wi-Fi MAC addreas

Storage Option :

      • Centang Install to SD-Card
      • Aktifkan Clear Cache

Selesai – Selanjutnya kamu bisa langsung mengclone aplikasi yang sudah dipilih dengan mengklik icon clone. Kamu bisa memilih berapa jumlah aplikasi yang ingin kamu clone. Sedangkan untuk versi premium kamu bisa mengclone hingga 20 aplikasi, lho.

Catatan:

Karena aplikasi ini cloningan dari aplikasi aslinya, maka ada beberapa aplikasi yang akan mengalami masalah jika dilakukan pengcloningan. Misalnya Google Map yang tidak bisa terbaca oleh Facebook Clone atau aplikasi lain yang belum diketahui apa saja yang akan dihilangkan.

Demikian cara menggandakan aplikasi di Android yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat.

Baca juga :  Mau Seperti Ghozali? Berikut Cara Menjual NFT di Opensea

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *