Produk kutek halal
Heboh Produk Kutek Halal, Sahkan untuk Sholat?

Heboh Produk Kutek Halal, Apakah Sah untuk Sholat?

PaperEdukasi – Belakangan ini, para muslimah sedang digencar-gencari dengan produk kutek halal yang katanya bisa digunakan untuk sholat. Tidak sedikit di antara mereka masih berupaya untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan terpercaya. Pasalnya, molekul yang ada di dalam kutek lebih rapat dibandingkan molekul air.

Kerapatan molekul kutek menyebabkan kuku tidak bisa menyerap air dan kedap akan udara. Namun, di sisi lain para peracik kosmetik tidak berdiam diri saja, mereka telah meluncurkan produk kutek halal ini yang bisa menjadi solusi untuk para muslimah.

Seperti inilah gambaran molekul kutek biasa dan kutek halal.

Ilustrasi perbedaan molekul kutek biasa dengan molekul kutek halal

Selain perbedaan molekul, para muslimah bisa melihat perbedaan antara keduanya secara kasat mata, yakni dari tekstur, aroma, dan penyerapan air ketika berwudhu.

Kutek halal memiliki aroma yang tidak menyengat hidung, sedangkan kutek biasa memiliki aroma yang sangat tajam karena tidak menggunakan bahan-bahan polimer pada kutek halal. Teksturnya pun jelas berbeda. Mengelupasi kutek halal lebih mudah, sedangkan kutek biasa agak sulit karena dari awal tidak dirancang untuk bisa menyerap air dan udara.

Terakhir, perbedaan yang sangat jelas adalah penyerapan air ketika berwudhu. Jika ketika berwudhu ada rasa segar serta sejuk di kuku, para muslimah bisa memastikan bahwa yang dipakainya adalah kutek halal. Sedangkan yang menggunakan kutek biasa tidak bisa merasakan ini.

Lalu, bagaimana pendapat para ahli tentang kutek halal?

Beberapa ahli telah melakukan uji coba, ada yang mengatakan bahwa para muslimah bisa menggunakan kutek halal ini untuk sholat karena mampu menyerap air wudhu. Akan tetapi, durasi penyerapannya membutuhkan waktu sekitar 15-20 detik untuk memastikan air telah memasuki kuku. Hal ini mengharuskan para muslimah untuk lebih memperhatikan wudhunya supaya tetap sah.

Lalu, sahkan sholat para muslimah yang menggunakan kutek halal?

Menurut madzhab Syafi’i, salah satu syarat sah wudhu adalah tertib, yang artinya harus berurutan. Jika air belum sampai pada kuku maka tidak boleh melanjutkan bagian lainnya. Dengan demikian, para muslimah tidak bisa melanjutkan membasuh bagian wudhu lainnya sebelum menunggu 15-20 detik untuk air masuk ke dalam kuku.

Sedangkan menentukan sah atau tidak sahnya sholat bisa dari sah atau tidak sahnya wudhu itu sendiri. Jadi, yang harus para muslimah perhatikan pertama kali adalah wudhunya, sah atau tidak.
Jika wudhunya sah maka sholatnya pun sah. Sebaliknya, jika wudhunya tidak sah maka sholatnya pun tidak sah. (Wallahu’alam Bissawab)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *