IPB University Berikan 8 Program Bantuan bagi Seluruh Mahasiswanya

By Paper Edukasi

Published on:

IPB University
---Advertisement---

PaperEdukasi – Jelang memasuki tahun ajaran baru, pihak IPB University memberikan beberapa bantuan bagi mahasiswa seluruh jenjang di IPB.

Program bantuan ini bertujuan untuk membantu kegiatan pembelajaran dan kesejahteraan mahasiswa IPB di masa pandemi COVID-19.

Program bantuan akan mulai berlaku pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Berikut ini rincian lengkap bentuk program bantuan yang IPB University janjikan untuk mahasiswanya. Apa saja?

1. Akun ZOOM Berlisensi

IPB akan memberikan fasilitas berupa akun aplikasi video-conference Zoom berlisensi untuk kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan. Program ini di tujukan kepada seluruh mahasiswa multistrata.

2. Vaksin COVID-19

Bantuan selanjutnya adalah IPB akan memberikan vaksin COVID-19 gratis bagi mahasiswa IPB yang berdomisili di Bogor. Selain itu, kampus ini juga akan memberikan fasilitas untuk isolasi mandiri bagi mahasiswanya.

3. Keringanan SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan)

IPB University akan kembali melanjutkan bantuan berupa keringanan pembayaran SPP bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir di semester ganjil.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Rektor No. 5 Tahun 2021 tentang Ketentuan Pembayaran Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan bagi Mahasiswa Institut Pertanian Bogor yang Sedang Menyelesaikan Tugas Akhir pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022.

4. Bantuan Biaya Pembelajaran Mandiri

Program berikutnya di tujukan kepada seluruh mahasiswa aktif IPB multistrata. Pihak IPB akan memberikan bantuan berupa biaya pembelajaran mandiri lanjutan sebesar Rp 750 ribu selama lima bulan.

Bantuan akan di berikan bagi mahasiswa yang sudah menyelesaikan pembayaran SPP atau UKT (Uang Kuliah Tunggal) dan mengisi KRS (Kartu Rencana Studi) pada semester ganjil.

Bantuan ini akan mulai berjalan pada bulan Agustus 2021 melalui rekening mahasiswa.

“Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan belajar mengajar selama 5 bulan (Agustus -Desember 2021), IPB melanjutkan pemberian bantuan biaya pembelajaran mandiri dengan mekanisme transfer ke rekening mahasiswa sebesar Rp 150 ribu per bulan,” tulis keterangan resmi IPB University, Sabtu (7/8/2021).

5. Bantuan UKT

IPB akan memberikan fasilitas untuk pembayaran UKT dalam dua bentuk, yaitu pengajuan penurunan golongan UKT bagi mahasiswa program sarjana IPB dan pencicilan pembayaran UKT bagi mahasiswa multistrata.

Pengajuan penurunan UKT: Program ini di tujukan khusus bagi mahasiswa dengan syarat sebagai berikut:

  • Keluarga atau walinya mengalami penurunan pendapatan permanen sebagai akibat kehilangan pekerjaan (PHK);
  • Kepala keluarga atau pencari nafkah meninggal dunia atau berhalangan tetap;
  • Musibah atau bencana atau sebab-sebab lain dari penurunan pendapatan.

Kondisi di atas di lengkapi dengan bukti-bukti yang sah. Batas waktu pengajuan penurunan golongan UKT yakni, sebelum UAS semester genap tahun akademik 2020/2021 dan di perpanjang hingga tanggal 9 Juli 2021.

Khusus untuk kondisi yang ketiga, pengajuan penurunan UKT untuk semester berikutnya akan buka setelah masa pembayaran semester ganjil selesai.

Pengajuan penurunan golongan UKT untuk semester berikutnya buka setelah masa pembayaran UKT semester ganjil selesai dan berlaku efektif untuk semester berikutnya (semester genap).

Pencicilan pembayaran UKT: Bantuan selanjutnya ditujukan bagi mahasiswa multistrata IPB yang tidak mampu membayar UKT dengan tepat waktu.

Permohonan pencicilan akan dibuka setelah dikeluarkannya tagihan kepada setiap mahasiswa melalui simawa.ipb.ac.id.

Ketentuan jumlah dan waktu pencicilan diatur oleh Direktorat Keuangan dan Akuntansi.

6. Bantuan Dana dari Penggalangan Bersama

Bantuan ini ditujukan untuk mahasiswa vokasi dan sarjana berupa bantuan dana dari sumber-sumber yang tidak mengikat.

Seperti donatur beasiswa, alumni, dana wakaf dan sumber lainnya yang digalang bersama dengan melibatkan Fakultas atau Sekolah dan BEM-KM.

7. Kemudahan Akses Beasiswa

IPB memudahkan akses untuk mendapatkan beasiswa bagi mahasiswa seluruh jenjang. Seluruh informasi dan mekanisme pendaftaran beasiswa yang tersedia dapat diakses melalui simawa.ipb.ac.id.

8. Pelatihan Bersertifikat

Program terakhir yakni, IPB memberikan fasilitas mahasiswa sarjana untuk mengikuti program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) tahun 2021.

Program ini menawarkan keterampilan khusus atau sertifikat kompetensi yang diakui oleh mitra DUDI, sertifikat perolehan kredit (credit earning) yang dapat diakui dan disetarakan SKS-nya, hingga bantuan dana sebesar Rp 400 ribu tiap mahasiswa IPB.

Related Post

Leave a Comment