Manfaat nanoteknologi pada bidang
Gambar : iStock / Manfaat Nanoteknologi Pada Bidang Keamanan, Kesehatan, dan Energi

Manfaat Nanoteknologi Pada Bidang Keamanan, Kesehatan, dan Energi

PaperEdukasi – Nanoteknologi : Teknologi yang menggunakan material berukuran nano (teknologi miniaturisasi dari material bulk ke material yang berukuran nano).

(Nano = “nanos” (Bahasa Yunani) = Kerdil) adalah manipulasi materi pada skala terkecil seperti atomik dan skala molekular.

Diameter atom berkisar antara 62 pikometer (atom Helium) sampai 520 pikometer (atom Cesium), sedangkan kombinasi dari beberapa atom membentuk molekul dengan kisaran ukuran nano, yaitu ukuran benda yang besarnya : satu meter dibagi satu miliar (0,0000000001 m).

secara hitungan : 1 miliar => nm. 1 nm sama dengan 10 molekul hidrogen yang terletak berderetan.

Bagaimana karakteristik suatu benda dapat dikatakan berukuran nano?

Suatu benda disebut berukuran nano, yaitu ketika benda tersebut memiliki ukuran kisaran 1-100 nm. Ukuran 1 nanometer adalah 1 per satu miliar meter yang berarti 50.000 kali lebih kecil dari ukuran rambut manusia.

Kapan pertama kali kata “Nanoteknologi” dipakai ?

Tahun 1974, Norio Taniguchi, dalam Papernya yang berjudul “On the basic concept of Nano-Technology”

” In the processing of materials, the smallest bit size of stock removal,accretion or flow of materials is probably of one atom or one molecule, namely 0.1-0.2 nm in length. Therefore, the expected limit size of fineness would be of the order of 1 nm. “Nano-Technology” mainly consists of the processing.. Separation, consolidation and deformation of materials by one atom or one molecule.”

Beberapa bidang yang mengaplikasikan Nanoteknologi

1. Manfaat Nanoteknologi Bidang keamanan

a. Material ringan – Pernahkan membayangkan ada sebuah material yang 10 kali lebih kuat dari baja namun memiliki berat yang jauh lebih ringan?

MIT mengeluarkan anggaran sebesar $50 juta untuk digunakan membuat sebuat institute Soldier Nanotechnologies (ISN). Harapannya, melalui institute ini nantinya dapat terbangun artificial tulang, dan sistem komunikasi dengan teknologi nano.

b. Amunisi yang kuat – Mengontrol ukuran partikel untuk amunisi ini mampu menambah tingkat ledakan, selain itu juga mempercepat pelepasan energi dan memperkecil penggunaan bahan yang terpakai untuk produksi.

2. Manfaat Nanoteknologi Bidang Kesehatan

a. Sistem Diagnosa – water-soluble polymer called polyvinyl alcohol and a layer of gold Dibuat oleh Prof. Takao Someya Material mesh yang lapiasannya oleh Nanopartikel Emas Untuk deteksi sinyal elektrik pada otot, sentuhan, tekanan dan juga pengukuran suhu Berguna untuk dunia kesehatan Sekaligus juga olahraga

b. Obat – Sangat berguna untuk teknologi penghantran obat (drug delivery). Sebuah nanomaterial dapat masuk dalam darah dan menghantarkan obat ke bagian tubuh tujuan Nanoshells yang berukuran 100 nm masuk kedalam darah dan menarget sel kanker.

Setelah sampai, maka sinar laser akan ditembakkan dan nanoshells tersebut dapat memancarkan panas yang dapat membunuh sel kanker.

3. Manfaat Nanoteknologi Bidang Energi

a. Sel Surya – Sel surya menggunakan teknologi nano yang dapat berfungsi sama bahkan lebih baik dari sel surya biasa.

Perusahaan Nanosolar, Inc. menggunakan teknologi spray/print lapisan solar sel ke suatu permukaan material untuk  mengurangi biaya pembuatannya Konarka technology, Inc.

Megembangkan sel surya yang menggunakan Titanium oksida yang memodifikasikan pada  permukaan plastic, yang selanjutnya dapat bermanfaat pada laptop ataupun handphone.

b. Baterai -Baterai merupakan salah satu penemuan paling penting dalam sejarah, yang sampai saat ini banyak bermanfaat untuk manusia.

Li ion baterai dengan carbon nanotubes sebagai anoda dan Li ion dengan Germanium nanowires  (Ge4.4Li).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *