kuliah gratis

Mau kuliah gratis di Indonesia? Kenali 7 Beasiswa Dalam Negeri Ini

PaperEdukasi – Di Indonesia ada banyak beasiswa kuliah tersedia buat kamu yang ingin kuliah gratis. Kesempatan melanjutkan pendidikan tinggi melalui jalur beasiswa pun terbuka lebar. Saat ini ada banyak program beasiswa kuliah gratis yang bisa kamu ikuti.

Dari beragam tawaran beasiswa, ada sejumlah beasiswa yang memberikan biaya pendidikan sebagian (beasiswa parsial) maupun biaya pendidikan penuh (beasiswa penuh). Bila kini kamu sedang mempertimbangkan untuk mendaftar beasiswa kuliah guna meringankan biaya, berikut rekomendasi beasiswa dalam negeri yang bisa kamu coba, melansir laman Quipper Campus:

1. Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) Kuliah gratis

Kartu Indonesia Pintar adalah pengganti Beasiswa Bidikmisi yang disediakan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Beasiswa ini bisa menjadi salah satu jalan untuk kamu yang pengen kuliah gratis. KIP Kuliah diperuntukkan kepada calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi tetapi memiliki potensi akademik yang sangat baik dan mendapat rekomendasi dari sekolah.

Beasiswa mencakup biaya kuliah, tunjangan buku, dan uang saku yang diberikan tiap semester. Mahasiswa D3 akan mendapatkan beasiswa selama 6 semester, sedangkan mahasiswa D4 dan S1 mendapatkan beasiswa selama 8 semester. Info terkait pendaftaran KIP Kuliah dapat dilihat melalui artikel Cara Daftar KIP Kuliah SNMPTN dan SBMPTN bagi Calon Mahasiswa

2. Beasiswa Unggulan Kemendikbud Ristek

Beasiswa Masyarakat Berprestasi merupakan salah satu dari lima macam beasiswa unggulan yang disediakan oleh Kemendikbud Ristek untuk kamu yang ingin mendapatkan beasiswa kuliah gratis. Manfaat yang didapatkan juga kurang lebih sama dengan beasiswa unggulan lainnya yakni biaya kuliah gratis plus uang saku tiap bulan.

Beasiswa ini diberikan bagi masyarakat Indonesia yang memiliki pencapaian prestasi di bidang akademik maupun non-akademik pada level nasional atau internasional. Beasiswa juga diberikan kepada masyarakat Indonesia yang menjalankan aktivitas yang berkontribusi kepada daya saing bangsa.

Baca juga :  5 Beasiswa S1 Luar Negeri yang Masih Dibuka Hingga Desember 2021

Untuk mendaftar beasiswa ini, kamu wajib membuat esai yang topiknya telah ditentukan oleh panitia penyelenggara. Informasi terkait Beasiswa Unggulan pada penerimaan tahun lalu dapat dilihat melalui artikel Beasiswa Unggulan 2021 Kemendikbud untuk Mahasiswa S1-S3: Manfaat dan Cara Daftar

3. Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Beasiswa LPDP adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi.

LPDP Scholarship adalah beasiswa kerja sama antara Kemenkeu dan Kemendikbud Ristek yang terbuka bagi siswa yang akan melanjutkan jenjang S1, S2, hingga S3. Uang saku yang ditawarkan sekitar Rp 118-320 juta per tahun dan menanggung biaya pendidikan, asuransi, transportasi, tunjangan keluarga (untuk S3) dan lainnya.

4. Beasiswa APERTI BUMN

Beasiswa APERTI BUMN adalah beasiswa yang disediakan oleh Aliansi Perguruan Tinggi Badan Usaha Milik Negara untuk siswa-siswi lulusan SMA/SMK di seluruh Indonesia yang berminat kuliah di salah satu perguruan tinggi di bawah APERTI BUMN.

Penerima beasiswa terpilih akan mendapatkan beasiswa penuh 100% selama menempuh masa studi. Ada 9 perguruan tinggi yang bernaung di bawah APERTI BUMN diantaranya yaitu :

  1. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Institute,
  2. Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI),
  3. Universitas Pertamina
  4. Telkom University (Tel-U),
  5. Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS),
  6. Institut Teknologi PLN (IT PLN)
  7. Politeknik Pos Indonesia (POLTEKPOS)
  8. Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP)
  9. Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG).

5. Tanoto Foundation

Setiap tahun, Tanoto Foundation rutin membuat pendaftaran Beasiswa Teladan untuk mahasiswa S1 reguler semester pertama di salah satu perguruan tinggi mitra. Melalui beasiswa ini, Tanoto Foundation memberikan dukungan pengembangan kepemimpinan berjenjang dan terstruktur, kesempatan pengembangan diri hingga tingkat global, pengabdian masyarakat, berbagai sarana kolaborasi dan jejaring, disertai dengan dukungan biaya kuliah dan tunjangan biaya hidup.

Baca juga :  10 Tips Menghadapi Tes Wawancara Beasiswa Agar Lebih Percaya Diri

Mahasiswa semester pertama yang memiliki prestasi di berbagai bidang, pengalaman organisasi, serta menunjukkan potensi kepemimpinan yang berintegritas disarankan mendaftarkan diri pada program Teladan.

Selain bantuan berupa biaya kuliah dan biaya hidup, peserta beasiswa juga mendapatkan support untuk menyelenggarakan Aksi Sobat Bumi serta training peningkatan kapasitas secara reguler. Baca informasinya melalui artikel Tanoto Foundation Buka Beasiswa Mahasiswa S1, Beri Biaya Kuliah dan Hidup

6. Quipper Scholarship Award

Quipper Scholarship Award adalah ajang kompetisi tahunan yang terbuka kepada siswa-siswi se-Indonesia untuk memperebutkan kuota beasiswa dari berbagai perguruan tinggi swasta terkemuka di Indonesia dengan total nilai miliaran rupiah.

Jenis beasiswa yang tersedia ada bermacam-macam, mulai dari beasiswa penuh hingga beasiswa parsial. Pada tahun ini, beberapa kampus swasta yang akan membagikan beasiswa melalui ajang QSA antara lain:

  1. Telkom University Kalbis Institute
  2. Universitas Tarumanagara
  3. Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP)
  4. Institut Teknologi PLN (IT PLN)
  5. PPM School of Management
  6. Universitas Paramadina Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP)
  7. Universitas Kristen Maranatha
  8. Indonesia Banking School

Periode pendaftarannya tengah berlangsung, dan dibuka sampai dengan 18 Maret 2022.

7. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi

Rekomendasi beasiswa dalam negeri yang terakhir adalah Beasiswa Pertamina Sobat Bumi. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa kurang mampu yang sedang menempuh pendidikan S1, tetapi memiliki kemampuan akademik yang baik dan memiliki kepedulian terhadap pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang kuliah di Perguruan Tinggi yang berada di Indonesia Barat dan Indonesia Tengah. Sementara untuk mahasiswa yang kuliah di Perguruan Tinggi yang berada di Indonesia Timur, Pertamina menyediakan Beasiswa Pertamina Inspirasi Indonesia Timur.

Baca juga :  Cara Cek Daftar Penerima Beasiswa PIP Kemendikbud 2022

Besaran bantuan biaya kuliah yang diberikan lewat beasiswa ini yaitu maksimal Rp 5 juta per semester dan bantuan biaya hidup sebesar Rp 500.000 per bulan.

Demikian informasi mengenai beasiswa dalam negeri yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat.

Sumber artikel : kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *