Mau Seperti Ghozali? Berikut Cara Menjual NFT di Opensea

By Paper Edukasi

Updated on:

Cara Menjual NFT di Opensea
---Advertisement---

PaperEdukasi – Nama Ghozali kini tengah viral di media sosial setelah dirinya berhasil menghasilkan miliar rupiah dari NFT miliknya. NFT tersebut berisikan swafoto atai foto selfie dirinya setiap hari selama 5 tahun sejak tahun 2017 hingga 2021 yang dijual melalui marketplace NFT yaitu OpenSea. Lantas bagaimana cara menjual NFT di OpenSea sama seperti yang dilakukan oleh Ghozali?

Non-Fungible Token atau NFT adalah salah satu produk blockchain yang kini terus bertambah peminatnya. Kini ada banyak orang yang memutuskan untuk membeli NFT harga murah dan kemudian menjualnya lagi dengan harga yang lebih tinggi. Lalu, bagaimana cara menjual NFT di OpenSea?

Saat ini terdapat berbagai macam marketplace yang digunakan untuk melakukan transaksi NFT seperti Rarible, Mintable, Nifty Gateway serta OpenSea yang digunakan Ghozali untuk menjual NFT miliknya.

Pada umumnya, transaksi jual beli NFT dilakukan dengan menggunakan mata uang kripto yakni ethereum (eth), namun dapat menggunakan token lainnya sesuai dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli. Simak cara menjual NFT di OpenSea.

Melakukan transaksi NFT melalui platform OpenSea merupakan hal yang cukup mudah jika telah memiliki akun serta wallet yang telah terhubung. Pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan akun dan wallet yang terhubung dengan OpenSea.

Cara Menjual NFT di OpenSea

  1. Masuk ke laman OpenSea.io dan login ke akun yang sudah didaftarkan
  2. Klik pada foto profil pada bagian kanan atas
  3. Lalu pilih “Profile”
  4. Pilih NFT yang ingin dijual dari wallet
  5. Kemudian pilih “Sell” dan langsung diarahkan pada halaman penjualan
  6. Pilih jenis dan harga jual.
  7. Pengguna dapat menetapkan harga tetap atau harga lelang. Jika menggunakan harga lelang, masukan harga awal, waktu kadaluarsa dan ambang harga. Sementar itu, durasi lelang ini berlangsung selama satu hari, tiga hari hingga satu minggu.
  8. Setelah melakukan pengaturan pada penjualan NFT, lalu klik “Complete Listing”
  9. Pada penjualan pertama, pengguna harus melakukan verifikasi wallet dengan melakukan dua kali transaksi. Ini bertujuan untuk menginisiasi akun penjualan serta memberikan akses item ke OpenSea saat penjualan sedang berlangsung.
  10. Setelah membayar fee, kemudian konfirmasi rincian penjualan dan post NFT yang akan dijual di OpenSea.

Demikian cara menjual NFT di OpenSea melalui marketplace OpenSea yang dapat kamu lakukan dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment