Perbedaan Jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, dan Sistem Informasi

PaperEdukasi – Penasaran apa Perbedaan Jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, dan Sistem Informasi?. Jurusan yang terkait dengan teknologi informasi umumnya memiliki jumlah peminat yang cukup tinggi saat masuk perguruan tinggi. Sebagai contoh, pada seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) tahun 2022, program studi Teknik Informatika di Universitas Padjadjaran, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Negeri Malang berada di 20 besar program studi terketat di Indonesia.

Dalam konteks ini, “terketat” berarti perbandingan antara jumlah peminat dan kuota yang tersedia. Selain teknik informatika, jurusan lain yang terkait dengan teknologi informasi yang cukup populer adalah ilmu komputer dan sistem informasi. Apakah kamu sudah tahu perbedaan antara ketiganya?

Perbedaan Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Ilmu Komputer

Perbedaan antara Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Ilmu Komputer terletak pada fokus dan mata kuliah yang diajarkan.

Teknik Informatika

Teknik Informatika adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang teknologi komputer. Jurusan ini mencakup analisis matematis, pengembangan, pengujian, evaluasi perangkat lunak, kerja komputer, dan sistem operasi. Menurut unggahan Instagram Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, jurusan ini dikaitkan dengan bahasa pemrograman dan aplikasinya.

Contohnya adalah pembuatan aplikasi desktop, mobile, web, dan lainnya. Mata kuliah teknik informatika lebih difokuskan pada ilmu pemrograman, pengembangan perangkat lunak, dan teknologi jaringan komputer. Pada jenjang SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), mata kuliah jurusan ini tidak jauh berbeda dengan mata pelajaran yang biasa dipelajari.

Ilmu Komputer

Perbedaan Jurusan Teknik Informatika Ilmu Komputer dan Sistem Informasi

Jurusan ilmu komputer lebih fokus pada teori dan strategi penerapan ilmu komputer, seperti teknik pemrograman dan analisis algoritma perangkat lunak. Ilmu yang dipelajari di sini banyak bersifat teoretis, seperti teori jaringan, algoritma, pemrograman sistem, dan lainnya. Mahasiswa ilmu komputer nantinya akan menerjemahkan algoritma menjadi kode-kode di bahasa pemrograman.

Baca juga :  Rekomendasi Smartphone Oppo dan Xiaomi Harga 4-6 Jutaan Tahun 2021

Sistem Informasi

Jurusan sistem informasi adalah bidang ilmu yang menggabungkan ilmu komputer dengan manajemen bisnis. Mahasiswa akan belajar tentang identifikasi kebutuhan dan proses bisnis perusahaan berdasarkan data perusahaan, lalu merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pada sisi mata kuliahnya sendiri, jurusan sistem informasi lebih menekankan pada manajemen informasi, sehingga mahasiswa akan diminta untuk memiliki keahlian manajerial data hingga analisis yang baik.

Itulah perbedaan jurusan teknik informatika, ilmu komputer, dan sistem informasi. Jika kamu tertarik dengan pembuatan aplikasi, maka lebih cocok mengambil jurusan teknik informatika. Apabila tertarik dengan pengolahan sistem informasi perusahaan, maka lebih cocok dengan jurusan sistem informasi. Namun, jika lebih suka dengan kode pemrograman dan proses pengolahannya, maka lebih sesuai dengan ilmu komputer.

Kesimpulan

Jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, dan Sistem Informasi merupakan jurusan yang berhubungan dengan teknologi informasi. Namun, setiap jurusan memiliki fokus yang berbeda. Teknik Informatika lebih fokus pada pengembangan dan pengujian perangkat lunak, Ilmu Komputer lebih fokus pada teori dan strategi penerapan ilmu komputer, seperti teknik pemrograman dan analisis algoritma perangkat lunak, sedangkan Sistem Informasi lebih fokus pada manajemen informasi dan perancangan sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Jadi, jika kamu tertarik dengan pembuatan aplikasi, maka lebih cocok mengambil jurusan Teknik Informatika, jika tertarik dengan pengolahan sistem informasi perusahaan, maka lebih cocok dengan jurusan Sistem Informasi, dan jika lebih suka dengan kode pemrograman dan proses pengolahannya, maka lebih sesuai dengan Ilmu komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *