Tips Belajar Daring dan Kenali Tantangan Belajar di Rumah

By Paper Edukasi

Published on:

Tips belajar daring
---Advertisement---

PaperEdukasi – Belajar online atau daring, saat ini menjadi sistem yang efektif dan solusi terbaik demi mencegah penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Namun, karena belajar online adalah sistem yang baru pertama kali dilakukan di Indonesia, sehingga para pelajar dan pengajar belum terbiasa dalam menjalaninya.

Belum lagi untuk para pengajar yang harus menemukan solusi belajar online secara efektif agar belajar menjadi aktivitas yang menyenangkan di masa pandemi ini.

Memang hal tersebut tidak mudah, apalagi jika harus menggabungkan metode belajar baru dengan materi pembelajaran yang sudah berjalan sebelumnya.

Tentunya sistem seperti ini mungkin menjadi tantangan baru buat kamu. Apalagi jika kamu belum juga menemukan cara belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan, kamu dituntut mengikuti kebijakan belajar di rumah yang diperpanjang hingga akhir tahun.

Oleh karena itu, daripada kamu terus-terusan bingung mikirin gimana sih cara belajar daring yang efektif.

Mending kamu cari tahu tantangan apa saja yang harus kamu hadapi selama belajar online di rumah, sehingga bisa aja ga sengaja kamu menemukan solusi terbaiknya.

Min Paper akan sedikit memberikan tips dan trik belajar daring yang mudah, sehingga bisa kamu terapkan selama belajar di rumah nih. Silakan simak baik-baik, ya!

Berikut Tantangan Belajar di Rumah dan Solusinya

Suasana Belajar Yang Tidak Kondusif

Suasana belajar yang tidak atau kurang kondusif menjadi masalah yang paling sering kamu rasakan, benar? Biasanya, suasana belajar yang kurang kondusif akan sangat mengganggu konsentrasi kamu saat belajar.

Kamu akan kesusahan menyimak materi yang diberikan pengajar. Hal ini seringkali membuat mood belajar kamu menjadi turun, yang akhirnya kamu jadi malas untuk belajar.

Solusinya, kamu harus mencari tempat belajar yang nyaman agar mood belajar kamu tetap terjaga. Tempat belajar yang nyaman akan mendukung proses belajar dan memudahkan kamu menyerap materi yang diberikan guru kamu.

Cara ini paling tepat kamu terapkan untuk merancang cara belajar yang efektif dan menyenangkan. Kamu bisa memilih salah satu ruangan di rumah sebagai tempat khusus agar kamu bisa fokus belajar.

Nah, setelah kamu perlu mengkomunikasikan hal ini dengan semua anggota keluargamu. Beri pengertian kepada mereka agar tidak mengganggumu selama belajar dari rumah.

Untuk menghindari rasa jenuh, kamu bisa sesekali mengganti ruang belajar kamu, misalnya di teras rumah atau halaman belakang rumah kamu.

Banyak Tugas yang Diberikan Guru

Hal Ini yang sering kali bikin males. Mentang-mentang belajar secara daring, beberapa guru cenderung membebanimu dengan memberi tugas yang cukup banyak.

“Pak, Bu mohon maaf, walaupun di rumah, banyak hal lain yang harus kami kerjakan” kalimat semacam ini mungkin terlintas di benak kamu saat menerima banyak tugas, ya kan?

Namun, kondisi seperti ini biasanya terjadi karena para guru masih kaget dengan sistem belajar tanpa tatap muka. Makanya mereka jadi sering memberi tugas demi memenuhi silabus pelajaran yang mesti kamu kuasai.

Solusinya, kamu jangan menunda-nunda tugas yang diberikan guru kamu. Jika terdapat waktu luang, kamu harus segera mungkin menyelesaikan tugas yang diberikan guru kamu sebelum tugas berikutnya kamu terima dari guru kamu.

Kamu juga perlu menjaga komunikasi dengan gurumu. Sekalipun kamu belajar dari rumah, tidak salah jika kamu menghubungi guru di luar jam pelajaran. Menjaga komunikasi dengan guru juga sangat penting agar kamu mendapatkan solusi dan cara belajar yang menyenangkan.

Guru yang baik akan senang mendengar keluhan dan masalah yang dihadapi para siswanya. Sesekali tegur lah gurumu jika mereka memberi terlalu banyak tugas, atau jika materi yang mereka ajarkan kurang mudah kamu mengerti.

Mudah Mengantuk Saat Sedang Belajar

Kalau penyebab yang satu ini sampai terjadi sama kamu, biasanya ada dua penyebabnya, entah gara-gara malamnya kamu begadang karena melakukan aktivitas lain, atau bosan dengan cara mengajar guru atau dosen kamu.

Alhasil, kamu yang mulai ngantuk, pelan-pelan mengubah posisi nyaman dan sampai akhirnya ketiduran. Solusinya, kamu harus memanfaatkan waktu belajar kamu di malam hari dengan baik.

Entah dengan sedikit mengulas materi yang diberikan guru saat di kelas, seperti membaca buku atau dengan menonton video pembelajaran materi terkait di youtube jika materi yang disampaikan guru tidak kamu pahami.

Jangan sampai gara-gara belajar online di rumah, kamu jadi malas dan asyik membuang waktu kamu dengan aktivitas-aktivitas lainnya. 

Kamu perlu membuat jadwal yang seimbang antara waktu belajar, rehat, olahraga, dan melakukan hobi kamu. Dengan begini, kamu bisa tetep belajar sambil ngejaga kesehatan fisik dan mental kamu.

Merasa Jenuh dan Terisolasi

Salah satu tantangan terbesar yang harus kamu hadapi saat belajar dari rumah adalah, rasa jenuh dan terisolasi. Kalau dua perasaan ini sudah menyerang kamu, itu tandanya kamu harus segera rehat.

Jangan sampai kesehatan mental kamu selama pandemi ini jadi terganggu. Jangan sungkan untuk mengutarakan perasaan sama orangtua di rumah.

Solusinya, kamu  bisa membuat kelompok belajar kecil dengan teman kelas kamu.  Kelompok belajar ini bisa kamu manfaatkan untuk belajar online dan belajar kelompok di salah satu rumah anggota kelompok belajar kamu. 

Selain kelompok belajar kecil ini akan membantumu mengurangi rasa jenuh dan rasa terisolasi, kelompok belajar kecil ini juga bisa memotivasi kamu dan teman-temanmu untuk tetap rajin belajar dan saling bantu saat ada anggota kelompok yang kurang memahami materi pelajaran tertentu.

Kurang Pendampingan dari Guru

Seberapa sulitnya pelajaran yang diajarkan, pastinya kamu merasa lebih baik jika gurumu mendampingi langsung saat belajar di kelas, bukan?

Guru-guru yang mempunyai cara mengajar yang unik dan menyenangkan juga terkadang membuat kita kangen dan pengen ketemu beliau secara langsung.

Kekurangan yang paling terasa saat belajar daring adalah tidak ada lagi sosok guru yang mendampingi kamu secara fisik.

Padahal ada beberapa mata pelajaran tertentu seperti matematika dan fisika yang membutuhkan pendampingan guru saat kamu merasa kesulitan memahami materi pelajarannya.

Apalagi jika kamu mempunyai pertanyaan yang hendak tanyakan tetapi bingung karena tidak ada guru yang mendampingi kamu secara fisik.

Solusinya, kamu bisa gunakan aplikasi pelajaran SMA terbaik. Di jaman sekarang tidak sulit mencari aplikasi pelajaran SMA berbasis online. Edutech yang semakin berkembang, bisa kamu manfaatkan untuk belajar online dengan sistem yang mudah.

Nggak cuma itu, penyedia aplikasi pelajaran SMA berbasis online biasanya memiliki pengajar profesional yang ahli di bidangnya. Beberapa di antaranya bahkan menyajikan materi lewat video yang seru dan menyenangkan.

Rekomendasi Aplikasi Belajar Online Terbaik dari Pahamify

Nah, itu dia tips dan trik mudah yang bisa kamu terapkan selama belajar dari rumah. Buat Sobat Edu yang mencari aplikasi pelajaran SMA berbasis online, kamu bisa menggunakan Pahamify ya sobat. Dengan berbagai fitur pembelajaran yang lengkap, juga ditunjang oleh pengajar profesional juga loh. Di sana kamu bisa mengakses ratusan video belajar materi SMA.

Pahamify juga memiliki metode pembelajaran yang menyenangkan dan mudah dipahami. Apalagi masih ada banyak promo dari Pahamify yang bisa kamu manfaatkan. Kamu bisa belajar online lebih hemat lho. Yuk segera cek promo menariknya di Pahamify.

Leave a Comment