Tips Lolos UTBK SBMPTN 2022 Simak Penjelasannya!

By Paper Edukasi

Updated on:

Tips Lolos UTBK
---Advertisement---

PaperEdukasi – Kamu yang akan mengikuti UTBK SBMPTN 2022 mungkin sedang membutuhkan tips lolos UTBK. Nah di sini Paper Edukasi akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar lebih fokus dalam persiapan UTBK SBMPTN 2022 dan semoga lolos.

Disibukkan oleh tugas-tugas sekolah memang terkadang membuat belajar UTBK menjadi tidak teratur. Kamu juga mungkin saat ini sedang disibukkan oleh kegiatan belajar online, dan berbagai aktivitas lain, yang tidak kamu sadari bahwa tiba-tiba UTBK dan SBMPTN sudah didepan mata. Apalagi, jadwal registrasi akun LTMPT dan pendaftaran UTBK-SBMPTN sudah dirilis.

Berarti, hari menuju SBMPTN 2022 sudah tidak lama lago. Lantas, apa saja yang sudah kamu siapkan untuk menghadapinya, Sobat? Berikut adalah tips dari Paper Edukasi agar kamu bisa lebih fokus dalam mempersipkan UTBK SBMPTN 2022.

1. Pahami Konsep dan Perbanyak Latihan Tipe Soal UTBK

Bagi pejuang UTBK SBMPTN, latihan  soal-soal ujian masuk PTN (UTBK) adalah hal yang mutlak kamu kerjakan jika ingin lolos dalam seleksi SBMPTN. Pasalnya, Tipe soal ujian masuk PTN ini dari tahun ke tahun memiliki pola yang tidak jauh berbeda. Semakin banyak kamu melatih dirimu dengan tipe soal soal UTBK, kamu akan langsung terbiasa mengenali dan akan lebih cepat dalam mengerjakan soal mengingat waktu yang disediakan pada saat tes sangat terbatas.

Kamu bisa mulai berlatih soal-soal UTBK dalam bentuk hard copy atau soft copy karena keduanya akan sama-sama berguna. Namun, kamu bisa memilih salah satunya sesuai dengan keadaan dan kenyamanan belajar. Misalnya kamu ingin belajar saat sedang menunggu seseorang di tempat umum namun kamu malu untuk membuka buku latihan soal. Maka kamu bisa menyimpan dan membaca latihan soal dalam file dokumen di ponsel yang kamu miliki. Akan lebih mudah lagi jika kamu belajar melalui aplikasi di ponsel pintar yang kamu miliki.

Selain itu, kamu juga harus mampu membuat strategi dan mencermati materi ujian. Pelajari terlebih dahulu materi dan soal-soal yang mudah, kemudian setelah sudah paham baru beranjak pada materi dan soal-soal yang lebih sulit. Hal ini terutama berlaku bila kamu ingin lintas jurusan di UTBK 2022 dengan mengambil kelompok ujian IPC.

Sebagai catatan, bahwa belajar secara mandiri memang lebih menantang karena kamu harus disiplin dalam mengatur waktu. Tanamkan komitmen yang tinggi untuk mematuhi jadwal belajar yang telah kamu buat khusus untuk berlatih soal-soal UTBK.

2. Rajin ikut Try Out dan Cermati Skor yang kamu Dapat

Hal yang juga wajib kamu periapkan dalam persiapan UTBK SBMPTN adalah mengikuti Try Out. Dengan mengikuti Try Out kamu akan mengetahui progres belajar kamu sudah sejauh mana. Mengingat saat ini dalam situasi pandemi, kamu bisa mengikuti Try Out UTBK secara online. Namun harus tetap menyesuaikan jadwalnya dan usahakan untuk mengikuti setiap Try Out yang ada.

Kamu bisa mengikuti Try Out online secara gratis dan berbayar. Jangan khawatir, saat ini juga sudah banyak platform yang menyediakan Try Out gratis. Namun usahakan untuk mengikuti yang berbayar agar kamu mendapatkan fasilitas lebih. Mengikuti Try Out membuat kamu tak hanya mengakrabkan diri dengan soal-soal ujian, tetapi juga terbiasa dengan suasana ujian.

Tidak hanya sekedar mengikuti Try Out, hasil Try Out juga harus kamu cermati sebagai bahan evaluasi. Coba cermati, sudah seberapa dekat skor Try Out yang kamu peroleh dengan skor rerata yang lolos SBMPTN tahun sebelumnya pada jurusan dan PTN yang kamu incar?

3. Mencari Informasi Mengenai UTBK SBMPTN 2022

Sebelum benar-benar menghadapi ujian, kamu perlu mengumpulkan informasi tentang UTBK dengan detail dan sebanyak-banyaknya. Pastinya, kamu tak akan bisa mengikuti SBMPTN tanpa terlebih dahulu lolos UTBK. Sebenarnya tidak ada aturan bahwa UTBK setiap tahun pasti sama. Namun bisa jadi, ujian masuk PTN pada tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya.

Misalnya saja, pilihan kelompok ujian IPC semula tersedia pada UTBK 2020. Namun demi keselamatan bersama di saat pandemi, pilihan IPC dihapuskan. Bahkan, mata uji TKA ditiadakan sehingga UTBK 2020 mengujikan TPS saja.

Dalam banyak aspek, UTBK 2020 berbeda dari UTBK 2019. Selain kelompok ujian dan mata uji, jadwal dan sesi ujian pada UBTK 2020 dan UTBK 2019 juga berbeda. Secara umum, jadwal registrasi hingga pengumuman ujian masuk PTN tiap tahunnya memang selalu berbeda.

Penting juga untuk dicermati dokumen apa saja yang diperlukan, baik untuk pendaftaran maupun selama pelaksanaan ujian. Jangan sampai teledor memastikan hal-hal teknis yang cukup detail seperti ini ya, Sobat. Sayang sekali bila kamu tidak diperbolehkan memasuki ruang ujian hanya karena ketinggalan kartu peserta, misalnya.

4. Atur Strategi untuk Jurusan di PTN yang Kamu Incar

Sambil menyiapkan diri dalam menghadapi UTBK, kamu juga sangat perlu untuk melakukan riset kecil-kecilan mengenai jurusan di PTN yang kamu incar. Apa yang diriset, berikut penjelasannya.

Segala sesuatu tentang jurusan dan PTN yang kamu incar. Selain skor rerata yang lolos SBMPTN pada tahun sebelumnya, tak ada salahnya bila kita mencari tahu berapa banyak kuota mahasiswa baru yang tersedia, berapa jumlah peminat, dan berapa yang diterima.

Kalau perlu, kamu dapat memetakan persaingan masuk PTN dengan lebih baik lagi – misalnya dengan melihat tren tiap tahun pada jurusan tertentu di suatu PTN. Jurusan atau prodi pertama yang kamu pilih di SBMPTN layak mendapat prioritas riset kita ini. Jika memungkinkan, atau sekedar ingin tahu, kita juga bisa membandingkan jurusan-jurusan di PTN lain.

Mencari informasi cukup penting untuk melihat peluang kita lolos SBMPTN. Dengan pemetaan yang baik, kita dapat menimbang di mana posisi kita di antara para peserta SBMPTN yang lain. Barangkali pilihan jurusan dan PTN kita berubah karena data pemetaan yang baru saja diperoleh.

Demikian tips lolos UTBK yang bisa kamu lakukan. Sudah siap UTBK? Semangat terus ya!

Related Post

Leave a Comment