smartphone
Foto : iStock / Tips Menjaga Performa Baterai Smartphone Agar Lebih Tahan Lama

Tips Menjaga Performa Baterai Smartphone Agar Lebih Tahan Lama

PaperEdukasi– Pada masa pandemi seperti saat sekarang ini, menggunakan smartphone adalah salah satu cara untuk menghibur diri saat himbauan pemerintah untuk “di rumah aja” diserukan.

Smartphone dapat kita manfaatkan untuk berbagai macam aktivitas, mulai dari bekerja, belajar, mengakses media sosial, memesan makanan dan minuman, hingga bermain game.

Karena aktivitas pemakaian tersebut membuat smartphone harus sering kita charger yang mengakibatkan baterai bekerja lebih keras dalam menampung daya.

Oleh karena itu, sebagai pengguna smartphone kita harus hentikan kebiasaan buruk ini dan mulai peduli dalam menjaga performa baterai smartphone agar lebih tahan lama.

Tips Menjaga Performa Baterai Smartphone agar Lebih Tahan Lama

Berikut adalah tips menjaga performa baterai smartphone agar lebih tahan lama dengan mengenali kebiasaan buruk kita saat menggunakannya.

1. Jangan Biasakan Smartphone Anda Charge Menggunakan Powerbank

Perangkat baterai portabel (powerbank) sering kali menjadi penyelamat saat baterai handphone sedang kritis. Namun, Ternyata masih banyak pengguna smartphone yang sering kali mengisi daya handphonenya dengan powerbank, meski tidak sedang dalam keadaan darurat dan sebenarnya memungkinkan menggunakan perangkat charger.

Bagaimanapun kita harus peduli dengan smartphone yang kita punya. Hentikan kebiasaan men-charger smartphone seperti itu. Terlalu sering menggunakan powerbank dapat membuat daya tahan baterai smartphone menjadi berkurang.

Tidak seperti charger dengan listrik, powerbank tidak sepenuhnya mengalirkan daya yang stabil dan sesuai spesifikasi smartphone. Apalagi saaat ini banyak beredarnya powerbank dengan kualitas rendah.

Kebiasaan buruk lain yang perlu kita hentikan adalah men-charge smartphone menggunakan laptop atau PC melalui kabel data. Seperti powerbank, arus listrik dari komputer tidak compatible untuk mengisi daya smartphone sesuai standar.

Jadi mulai sekarang, hanya gunakan powerbank dan komputer jika benar-benar dalam keadaan darurat yaa sobat edukasi.

2. Hentikan Kebiasaan Mengatur Layar Handphone yang Terlalu Cerah

Salah satu penyebab baterai handphone kamu cepat habis adalah karena kamu mengatur kecerahan layar samartphone terlalu tinggi. Daya baterai handphone akan lebih cepat habis ketika cahaya pada layar handphone di buat sangat terang.

Ketika kamu selalu kehabisan daya baterai akibat tingginya pengaturan cahaya layar, maka kamu akan terbiasa untuk selalu mengisi dayanya secara terus menerus.

Nah, daripada kamu membiasakan untuk mengisi daya baterai yang justru akan merusak masa baterai, alangkah baiknya untuk mengurangi kadar cahayanya atau menggunakan background smartphone yang cenderung gelap untuk lebih membantu daya hidup agar tahan lama.

3. Hentikan Kebiasaan Men-charge Smartphone Semalaman

Men-charge daya handphone secara terus menerus yang sudah penuh dalam waktu lama tidaklah baik. Men-charge ponsel semalaman sering kita lakukan, sebisa mungkin kebiasaan buruk ini harus segera kita hentikan untuk menjaga kesehatan performa baterai samrtphone.

Walaupun smartphone terkini sudah dilengkapi dengan fitur overharge protection yang menjaga baterai berhenti mengisi dayanya saat penuh, namun sebagai pengguna yang baik kita tidak boleh menyepelekannya dan harus tetap menjaga kesehatan performa baterai handphone.

Beberapa riset menyebutkan baterai bisa terjaga kualitasnya jika diisi tidak sampai penuh 100 persen, cukup sampai 80-90 persen. Jadi, tak ada salahnya untuk menghentikan kebiasaan men-charge semalaman agar usia baterai bisa lebih panjang.

4. Hentikan Kebiasaan Mengosongkan Daya Baterai Smartphone

Membiarkan baterai benar-benar kosong lebih tak baik lagi. Jika sering seperti ini, maka ketahanan baterai akan perlahan menurun.

Alasannya, jika baterai benar-benar dalam keadaan kosong, sel baterai akan “tidur”. Jika tak cepat-cepat “dibangunkan”, kemungkinan terburuknya sel tersebut akan kehilangan kemampuan untuk menyerap daya dari alat pengisian.

Pengisian daya terbaik, berdasarkan sejumlah riset, saat baterai berada di bawah angka 40 persen, yaitu pada kisaran 15 sampai 35 persen. Berhenti berharap baterai bisa hidup selamanya, manusia saja hidup hanya sementara, apalagi baterai smartphone, begitu ya sobat edukasi.

Faktanya, setiap tahun ketahanan baterai bakal semakin menurun. Walau pengguna telah merawat baterai dengan benar, setiap baterai punya umur. Untuk itu, jangan sedih. Bersedialah membeli baterai baru demi kesehatan handphone.

Tips yang telah dipaparkan hanya mampu memanjangkan umur baterai, bukan membuatnya abadi. Smartphone terkini memang tidak memberi opsi pengguna untuk mengganti baterai dengan mudah. Untuk itu, silakan hubungi teknisi atau pusat layanan terdekat.

5. Jangan Charge Smartphone Anda dengan sembarang charger

Perangkat charger Handphone dan tablet Android memiliki bentuk yang seragam sehingga sering dipakai bergantian untuk semua perangkat.

Padahal, setiap perangkat memiliki charger dengan spesifikasi khusus yang disesuaikan dengan jenis perangkat dan kapasitas baterainya. Charger perangkat tablet biasanya memiliki ukuran ampere yang lebih besar.

Charger yang tidak sesuai spesifikasi secara perlahan akan mengurangi kinerja baterai handphone. Jadi, mulai sekarang jangan pakai charger tablet untuk mengisi baterai ponsel. Gunakan charger orisinal atau yang sesuai spesifikasi standar ponsel Anda.

6. Hentikan Kebiasaan Selalu Mengaktifkan Jaringan WiFi pada Smartphone

Kebiasaan yang bisa membuat baterai handphone cepat rusak selanjutnya adalah dengan terus-menerus mencari sinyal WiFi. Kebiasaan selalu mengaktifkan mode WiFi bisa berakibat penggunaan daya baterai yang cukup banyak. Hal ini dikarenakan handphone terus-terusan mencari sinyal WiFi.

Untuk menghindari masalah ini, kamu bisa menonaktifkan jaringan WiFi saat berada di luar ruangan yang jauh dari area WiFi. Hal ini berguna untuk mencegah handphone mencari sinyal yang tidak digunakan. Dengan begitu kamu bisa mengurangi habisnya daya baterai dan pengisian ulang secara terus-menerus.

Itulah enam kebiasaan buruk yang membuat baterai handphone sobat Edukasi akan cepat rusak, semoaga bermanfaat yaa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *