Tips Menjaga Performa Baterai Smartphone Agar Lebih Tahan Lama

By Paper Edukasi

Updated on:

smartphone
---Advertisement---

Pada masa pandemi seperti saat sekarang ini, menggunakan smartphone adalah salah satu cara untuk menghibur diri saat himbauan pemerintah untuk “di rumah aja” diserukan.

Smartphone dapat kita manfaatkan untuk berbagai macam aktivitas, mulai dari bekerja, belajar, mengakses media sosial, memesan makanan dan minuman, hingga bermain game.

Karena aktivitas pemakaian tersebut membuat smartphone harus sering kita charger yang mengakibatkan baterai bekerja lebih keras dalam menampung daya.

Oleh karena itu, sebagai pengguna smartphone kita harus hentikan kebiasaan buruk ini dan mulai peduli dalam menjaga performa baterai smartphone agar lebih tahan lama.

Tips Menjaga Performa Baterai Smartphone agar Lebih Tahan Lama

Berikut adalah tips menjaga performa baterai smartphone agar lebih tahan lama dengan mengenali kebiasaan buruk kita saat menggunakannya.

1. Menghindari Pengisian Daya Smartphone dengan Powerbank: Perlukah?

Ada kecenderungan bagi pengguna smartphone untuk mengisi daya perangkat mereka dengan menggunakan powerbank, terutama saat baterai sedang menipis. Namun, kebiasaan ini sebenarnya tidak disarankan jika tidak dalam keadaan darurat yang sesungguhnya.

Meskipun powerbank dapat menjadi penyelamat dalam situasi darurat, pengisian daya rutin menggunakan powerbank bisa merugikan daya tahan baterai smartphone Anda. Aliran daya yang disalurkan oleh powerbank tidak selalu stabil dan sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh smartphone.

Selain itu, kualitas powerbank yang kurang baik juga bisa menjadi masalah. Powerbank murah yang tersedia di pasaran mungkin tidak memberikan aliran daya yang konsisten dan dapat merusak baterai smartphone Anda seiring waktu.

Selain penggunaan powerbank, kebiasaan buruk lain yang perlu dihindari adalah mengisi daya smartphone melalui kabel data yang terhubung ke laptop atau PC. Arus listrik dari komputer biasanya tidak cocok dengan standar pengisian daya smartphone dan dapat menyebabkan kerusakan pada baterai.

Oleh karena itu, disarankan untuk hanya menggunakan powerbank atau komputer sebagai opsi terakhir dalam keadaan darurat. Mulailah mengubah kebiasaan ini agar Anda dapat menjaga daya tahan baterai smartphone Anda dan mencegah kerusakan yang tidak diinginkan.

2. Mengurangi Kecerahan Layar Handphone: Mengapa Penting?

Salah satu kebiasaan yang dapat mempercepat habisnya baterai handphone adalah mengatur kecerahan layar terlalu tinggi. Kecerahan layar yang terlalu tinggi akan menguras daya baterai lebih cepat, karena intensitas cahaya yang tinggi membutuhkan lebih banyak energi.

Jika kamu sering mengalami kehabisan daya baterai karena kecerahan layar yang terlalu tinggi, kecenderungan untuk sering mengisi daya baterai akan meningkat. Ini bisa berdampak buruk pada masa pakai baterai handphone Anda.

Sebagai alternatif, kamu dapat mengurangi kecerahan layar atau menggunakan wallpaper dengan latar belakang gelap untuk membantu menghemat daya baterai. Dengan demikian, kamu dapat memperpanjang masa pakai baterai handphone tanpa harus sering-sering mengisi daya baterai, yang pada akhirnya dapat merusak masa pakai baterai itu sendiri.

3. Mengisi Daya Smartphone Semalaman: Mitos atau Fakta?

Mengisi daya smartphone semalaman merupakan kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Namun, tahukah Anda bahwa kebiasaan ini sebenarnya tidak baik untuk kesehatan baterai smartphone Anda?

Walaupun smartphone modern dilengkapi dengan fitur perlindungan overcharge yang mencegah baterai dari kerusakan karena diisi daya terlalu lama, namun demikian, mengisi daya semalaman masih dapat berdampak negatif pada kesehatan baterai.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa baterai dapat mempertahankan kualitasnya lebih baik jika diisi daya hanya hingga sekitar 80-90 persen, bukan sampai mencapai 100 persen. Oleh karena itu, menghentikan kebiasaan mengisi daya semalaman dapat membantu memperpanjang umur baterai smartphone Anda dan menjaga kesehatan performanya.

Dengan membatasi pengisian daya hingga batas tertentu, Anda dapat membantu memperpanjang umur baterai smartphone Anda dan mengurangi risiko kerusakan pada baterai. Sebagai pengguna yang bijak, penting untuk memperhatikan kebiasaan pengisian daya agar dapat menjaga kesehatan dan performa baterai smartphone Anda dalam jangka panjang.

4. Mengosongkan Daya Baterai Smartphone: Mitos atau Fakta?

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh pengguna smartphone adalah mengosongkan daya baterai hingga benar-benar habis sebelum diisi kembali. Namun, tahukah Anda bahwa kebiasaan ini sebenarnya tidak baik untuk kesehatan baterai smartphone Anda?

Mengosongkan daya baterai hingga benar-benar habis dapat menyebabkan penurunan ketahanan baterai secara perlahan. Hal ini disebabkan oleh kondisi di mana sel-sel baterai “tidur” saat baterai dalam keadaan kosong. Jika sel-sel ini tidak segera “dibangunkan” dengan pengisian daya, mereka dapat kehilangan kemampuan untuk menyerap daya dari sumber pengisian.

Penelitian menunjukkan bahwa pengisian daya terbaik dilakukan saat baterai berada di bawah angka 40 persen, yaitu pada kisaran 15 sampai 35 persen. Dengan mengisi daya pada level ini, Anda dapat membantu memperpanjang umur baterai smartphone Anda.

Meskipun merawat baterai dengan benar dapat memperpanjang umurnya, namun setiap baterai memiliki batas umur. Oleh karena itu, jika Anda mengalami penurunan kinerja baterai yang signifikan, mungkin saatnya untuk mempertimbangkan untuk mengganti baterai baru.

Penting untuk diingat bahwa tips ini hanya dapat membantu memperpanjang umur baterai, bukan membuatnya abadi. Jika Anda mengalami masalah dengan baterai smartphone Anda, sebaiknya hubungi teknisi atau pusat layanan terdekat untuk mendapatkan bantuan yang tepat. Dengan memahami cara merawat baterai smartphone dengan baik, Anda dapat memastikan kesehatan dan performa smartphone Anda dalam jangka waktu yang lebih lama.

5. Pentingnya Menggunakan Charger yang Sesuai untuk Smartphone Anda

Pernahkah Anda menggunakan charger secara bergantian antara perangkat smartphone dan tablet Anda? Meskipun kedua perangkat ini memiliki bentuk charger yang serupa, namun tahukah Anda bahwa setiap perangkat sebenarnya membutuhkan charger dengan spesifikasi yang sesuai?

Charger untuk perangkat tablet umumnya memiliki ukuran ampere yang lebih besar dibandingkan dengan charger untuk smartphone. Penggunaan charger yang tidak sesuai spesifikasi dengan perangkat Anda dapat secara perlahan mengurangi kinerja baterai smartphone Anda.

Dengan demikian, sangat disarankan untuk tidak menggunakan charger tablet untuk mengisi baterai smartphone Anda. Sebaiknya gunakan charger yang asli atau yang sesuai dengan spesifikasi standar perangkat Anda untuk memastikan kinerja dan umur baterai smartphone tetap optimal.

Dengan memahami pentingnya menggunakan charger yang sesuai, Anda dapat membantu menjaga kesehatan baterai smartphone Anda dan memastikan bahwa perangkat Anda tetap berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang lebih lama.

6. Mengelola Penggunaan Jaringan WiFi pada Smartphone Anda

Salah satu kebiasaan yang mungkin tidak disadari dapat merusak baterai smartphone Anda adalah kebiasaan terus-menerus menjaga jaringan WiFi aktif. Meskipun mencari sinyal WiFi dapat menjadi fitur yang berguna, penggunaan yang berlebihan dapat menguras daya baterai secara signifikan.

Ketika jaringan WiFi selalu aktif, smartphone Anda akan terus-menerus mencari sinyal WiFi, yang pada akhirnya akan menghabiskan daya baterai dengan cepat. Untuk mengatasi hal ini, disarankan untuk menonaktifkan jaringan WiFi saat Anda berada di luar ruangan yang jauh dari area WiFi.

Dengan cara ini, Anda dapat mencegah smartphone Anda untuk terus mencari sinyal yang tidak digunakan, sehingga mengurangi pemakaian daya baterai yang tidak perlu. Selain itu, dengan mengelola penggunaan jaringan WiFi secara bijak, Anda juga dapat mengurangi frekuensi pengisian ulang baterai secara terus-menerus, yang pada akhirnya dapat memperpanjang umur baterai smartphone Anda.

Itulah enam kebiasaan buruk yang membuat baterai handphone sobat Edukasi akan cepat rusak, semoaga bermanfaat yaa!

Leave a Comment