LPDP Tahun 2023

UGM Jadi Kampus Favorit Penerima LPDP Tahun 2023

Para penerima beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun 2023, yang dikenal dengan sebutan Asa Gaharu, akan segera berangkat ke 11 negara tujuan. Mereka yang tergabung dalam angkatan 209 LPDP akan berangkat pada bulan Agustus dan Januari 2024.

Nama Asa Gaharu dipilih untuk mencerminkan semangat angkatan 209 dalam mendorong kemajuan teknologi, memprioritaskan isu-isu lingkungan, dan memastikan keberlanjutan generasi masa depan.

Program Beasiswa LPDP pertama kali diperkenalkan pada tanggal 28 Desember 2011 sebagai inisiatif yang berada di bawah Kementerian Keuangan Indonesia. Tujuan utamanya adalah untuk mengimplementasikan alokasi dana pendidikan dalam kerangka prioritas APBN.

Beasiswa LPDP mencakup berbagai jenis pendanaan, termasuk beasiswa untuk tesis dan disertasi, afirmasi, serta pendidikan dokter spesialis, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Melalui kesempatan yang diberikan oleh beasiswa LPDP, diharapkan para pelajar Indonesia dapat mengabdikan waktu dan usaha mereka untuk mengejar pendidikan lanjut, baik di dalam maupun di luar negeri.

Setiap tahun, Beasiswa LPDP sangat diminati oleh para calon penerima, dan ada beberapa kampus yang menjadi favorit para pencari beasiswa. Pada pendaftaran Beasiswa LPDP tahun 2023, Universitas Gadjah Mada (UGM) telah menjadi destinasi yang paling diminati oleh para penerima beasiswa.

UGM Mendominasi Sebagai Pilihan Utama Penerima Beasiswa LPDP

Pada tahun ini, sebanyak 85 dari total 304 mahasiswa penerima beasiswa LPDP akan melanjutkan pendidikan mereka di UGM, menjadikan UGM sebagai kampus yang paling diminati oleh para penerima beasiswa dalam negeri.

Prestasi ini melebihi pilihan skema beasiswa lain yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, yaitu Beasiswa Pendidikan Indonesia atau BPI.

Prof Dr. Puji Astuti, S,Si, M,Sc, Apt, Direktur Kemitraan dan Relasi Global UGM, menyatakan, “UGM tetap menjadi pilihan utama bagi mahasiswa penerima beasiswa LPDP, bahkan mengungguli skema BPI Kemendikbud yang mayoritas memilih universitas di Inggris.”

Melansir dari situs resmi UGM, jumlah ini menjadi bukti keberhasilan UGM dalam mewujudkan visinya sebagai perguruan tinggi nasional berkelas dunia yang unggul dan inovatif, serta berkomitmen untuk melayani kepentingan bangsa dan kemanusiaan dengan mendasarkan pada nilai-nilai budaya bangsa yang berakar pada Pancasila.

UGM secara konsisten mempertahankan posisinya sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. Menurut pemeringkatan Webometrics tahun 2023, UGM menempati peringkat kedua di Indonesia dan berada di peringkat 694 dunia. Selain itu, dalam pemeringkatan QS University Ranking tahun 2024, UGM juga meraih peringkat kedua di Indonesia dan menduduki posisi ke-263 di tingkat global.

Kampus yang terletak di Bulaksumur ini telah menghasilkan alumni-alumni terkemuka yang telah memberikan kontribusi besar dalam berbagai bidang. Beberapa di antaranya adalah penyair terkenal Sapardi Djoko Damono, Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi, dan bahkan Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *